Ini Aksi Pilot saat Tahu F-16 Ada yang tak Beres

Kamis, 16 April 2015 – 16:25 WIB
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna di Plaza Mabes TNI, Jakarta, Kamis (16/4). Foto: Natalia Laurens/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA--Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna menjelaskan, pilot yang membawa pesawat tempur F-16 bernomor 1643 yang terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma Kamis (16/4) pagi adalah Letkol Pnb Firman Dwi Cahyono.

Menurutnya, Pilot Firman cukup cekatan mengetahui ada ketidakberesan pada mesin pesawat itu sebelum timbul kebakaran. Beruntung kebakaran tersebut tidak menimbulkan dampak besar.

BACA JUGA: Dengar F16 Terbakar Ini yang Dirasakan Anak Buah Prabowo

Dari penjelasan Pilot Firman, kata  Agus, ada warning light atau lampu peringatan menyala saat pesawat itu akan dioperasikan. Lampu peringatan itu mengindikasikan adanya kerusakan pada sistem hidrolik dan kelistrikan.

"Pada saat rolling ke pit off, penerbang melihat ada malfunction, warning light menyala. Itu akan diikuti indikasi lainnya.Pelaku penerbang melihat ada dua indikasi yang menyala, hidrolik dan elektrik," ujar Agus saat menggelar jumpa pers di Mabes AU, Kompleks Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (16/4).

BACA JUGA: F-16 Gagal Take Off, Penerbangan Citilink Kena Imbasnya

Mengetahui ada kerusakan itu, bebernya, Pilot Firrman langsung mengambil tindakan untuk mencoba memutar pesawat 180 derajat dengan kecepatan tinggi. Untungnya, ketika pesawat melakukan rolling, runway sebelum lepas landas masih cukup panjang untuk dilalui.

"Penerbang dengan kecepatan untuk pit off, tapi belum lepas landas melaksanakan abort pit off dan laksanakan full break. Namun kemungkinan terjadi trouble di hidrolik atau kebocoran sehingga brake tidak maksimum karena sistem brake dari pesawat ini pakai hidrolik," sambung Agus.

BACA JUGA: Sibuk, Alex Noerdin Kembali Mangkir dari Panggilan KPK

Karena sistem pengereman atau brake tidak berfungsi dengan baik, diduga timbul percikan api dari tubuh pesawat yang mengenai landasan. Akibatnya, percikan itu memicu terbakarnya pesawat yang masih penuh dengan bahan bakar.

"Tapi karena pesawat masih full bahan bakar, terjadi percikan api baik di engine, terjadilah kebakaran," tandas Agus. (flo/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pilot F16 Kakinya Terluka, Jalan Tertatih-tatih


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler