Ini Alasan Anda Tak Boleh Berhubungan Intim Saat Terkena Flu

Kamis, 15 Maret 2018 – 22:43 WIB
Influenza. Foto: Newsfirst

jpnn.com, JAKARTA - Jadi bagaimana jika Anda (atau pasangan Anda) terkena flu, tapi Anda berdua ingin berhubungan intim?

Pertama, Anda harus mempertimbangkan bagaimana virus ditularkan.

BACA JUGA: Yoga dan Kaitannya dalam Berhubungan Intim Anda di Ranjang

"Flu menyebar melalui pernafasan," kata Jamin Brahmbhatt, MD, seorang ahli urologi dan kesehatan seksual di Orlando Health di Florida, seperti dilansir laman Health, Rabu (14/3).

Menurut Brahmbhatt, tetesan pernafasan yang membawa virus bisa hidup selama 24 jam di atas meja, 1 sampai 2 jam di atas seprai dan 15 hingga 30 menit di tangan.

BACA JUGA: Ini Posisi Bercinta demi Membantu Pria Disfungsi Ereksi

"Tetesan pernafasan bisa menyebar melalui bersin, batuk, bernapas, berjabat tangan dan berciuman," jelas Dr. Brahmbhatt.

 Tapi, apakah melakukan hubungan intim saat salah satu dari Anda sedang terkena flu itu aman atau tidak?

BACA JUGA: Wow, Bercinta Bisa Meningkatkan Memori?

"Aturan umumnya adalah berada sejauh enam kaki dari siapapun yang mungkin terkena flu," kata Kate White, MD, asisten profesor ob-gyn di Universitas Boston.

Karena berhubungan seks mengharuskan Anda untuk menjadi lebih dekat dengan pasangan, maka tidak disarankan saat salah satu dari Anda sedang terkena flu.

"Jangan lakukan itu jika Anda tahu salah satu dari Anda terinfeksi. Itu berlaku bahkan jika Anda pernah terkena flu, karena vaksin flu hanya menurunkan risiko terkena flu, tapi itu tidak menghilangkannya," tambah Dr. White.

Hal yang menyulitkan adalah bahwa korban flu bisa menular seminggu sebelum mereka bahkan menunjukkan gejala flu.

Seseorang yang sembuh dari flu juga bisa menularkan virus flu mereka hingga tujuh hari setelah gejala flu mereka mereda.

Oleh karena itu, Dr. White dan Dr. Brahmbhatt merekomendasikan untuk tidak melakukan hubungan intim setidaknya seminggu setelah Anda atau pasangan bebas flu.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler