Ini Alasan Mendagri Tunjuk Sekretaris BNPP Jadi Pj Gubernur Kaltara

Rabu, 22 April 2015 – 20:53 WIB
Penjabat Gubernur Kaltara Triyono Budi Sasongko (kanan) bersama Irianto Lambrie usai pelantikan di gedung Kemendagri, Rabu (22/4). Foto: Iwan Kurniawan/Radar Tarakan/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik Sekretaris Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Triyono Budi Sasongko, menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Utara periode 2015-2016.

Triyono diangkat menggantikan Irianto Lambrie, Pj gubernur yang telah dua tahun menjabat. Irianto diketahui akan maju dalam pemilihan kepala daerah Kaltara yang menurut rencana digelar 9 Desember mendatang.

BACA JUGA: Nah Lho...Badrodin tak Sebut Nama BG saat Konsultasi dengan Jokowi

“Di tengah pemerintah dan negara menjadi tuan rumah kegiatan KAA (Konferensi Asia Afrika, Red.), pertimbangan pelantikan ini harus tepat waktu. Maka dengan izin Presiden Joko Widodo saya melantik Penjabat Gubernur Kalimantan Utara hari ini," ujar Mendagri, Rabu (22/4).

Menurut Tjahjo, penunjukan Triyono didasari sejumlah pertimbangan. Antara lain, kemampuannya mengelola wilayah perbatasan selama ini. (baca juga:
Menteri Tjahjo Minta Triyono Percepat Pembangunan di Kaltara).

BACA JUGA: Mendagri Harapkan Nama Baik BG Direhabilitasi

"Kalimantan Utara ini provinsi termuda, daerah otonom baru dengan wilayah yang luas. Karena ini wilayah perbatasan, ya (saya pilih) Pak Triyono.  Kalau ini bukan perbatasan ya bukan dia, bisa saja mungkin Pak Sekjen, Pak Irjen atau yang lain," ujarnya.

Triyono sebelumnya diketahui pernah juga menjabat Bupati Purbalingga periode 2000-2005 dan 2005-2010. Maju dengan diusung koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

BACA JUGA: Ooo... Jadi Ini Alasan Polri Lantik BG Diam-diam

“Kami siap bertugas menyelenggarakan pemilihan kepala daerah, yang saya pikir ini tugas cukup berat, kami harus mengkoordinasikan sebaik-baiknya dengan semua komponen agar bisa berjalan baik dan demokratis," ujar Triyono.(gir/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Yang Bakal Dilakukan Jonan Jika Kesampaian Naik Kapal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler