Ini Alasan Mengapa Jangan Gunakan Sepatu di Dalam Rumah

Jumat, 25 Januari 2019 – 22:02 WIB
Ilustrasi sepatu. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com - Melepas alas kaki saat masuk rumah adalah kebiasaan yang umum dilakukan masyarakat.

Namun, tidak jarang, ada juga orang yang membiarkan kaki mereka masih memakai sepatu atau sandal dari luar ketika memasuki rumah.

BACA JUGA: Waspada, Penyakit ini Mengincar dari dalam Kereta Komuter

Padahal, mengenakan sepatu atau sandal ke dalam rumah termasuk perbuatan yang tidak baik dilakukan jika ditinjau dari segi kesehatan.

Dengan melakukan kebiasaan ini, sama artinya Anda mengundang segerombolan kuman dan bakteri masuk ke rumah.

BACA JUGA: Perhatikan Fakta Jika Pakai Sepatu Di dalam Rumah

"Jika Anda mengenakan sepatu selama lebih dari sebulan, maka 93 persen sepatu Anda akan memiliki bakteri fecal di bagian bawahnya," kata Charles Gerba,seorang profesor mikrobiologi dan ilmu lingkungan di Universitas Arizona, seperti dilansir laman MSN, Selasa (22/1).

"Kami menemukan E. coli juga. Bakteri ini biasanya tidak berbahaya tetapi beberapa strain E.coli bisa membuat Anda sakit, menyebabkan diare, infeksi saluran kemih, penyakit pernapasan dan pneumonia serta penyakit lainnya," jelas Gerba.

BACA JUGA: Telur Jangan Disimpan di Kulkas? Ah, Sok Tahu

"Sepatu membuat mikroorganisme bisa bergerak dan Anda mendapatkan itu di sekitar rumah," tambah Gerba.

Retakan di bagian bawah sepatu membuatnya lebih kondusif bagi bakteri untuk berkeliaran.

Jika Anda memiliki anak-anak kecil yang merangkak dan menempelkan sesuatu ke mulut mereka, ini pasti bisa menjadi masalah.

"Juga, jika Anda mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh atau memiliki masalah alergi, maka merupakan ide yang baik untuk melepas sepatu," pungkas Gerba.

Dan jika Anda memiliki karpet, itu mungkin bahkan lebih kotor. Organisme bisa bertahan hidup lebih lama di karpet, ditambah bakteri dan jamur bisa terbentuk seiring waktu.

Berbicara tentang desinfeksi, Gerba dan tim penelitinya menemukan bahwa ketika sepatu dicuci di mesin cuci, maka hal ini bisa mengakibatkan 99 persen pengurangan bakteri di bagian luar sepatu.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Manfaat Diare yang Bikin Anda Terkejut


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
sepatu   kuman   bakteri  

Terpopuler