Ini Alasan Pemda Belum Umumkan Kelulusan CPNS

Senin, 02 Februari 2015 – 16:00 WIB
MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Instansi daerah yang belum mengumumkan kelulusan CPNS 2014 masih cukup banyak. Hingga 30 Januari 2015, dari 355 pemda (provinsi, kabupaten, kota) yang menyelenggarakan tes CPNS, masih 74 instansi belum mengumumkan.

Yang sudah mengumumkan kelulusan 281 daerah. Terdiri dari 24 provinsi dan 257 kabupaten/kota. Sedangkan yang belum ambil hasil TKD-nya ada 15 kabupaten/kota.

BACA JUGA: Banyak Pemda Belum Umumkan Kelulusan CPNS, Yuddy Kecewa

"Provinsi sudah mengambil semua hasil tesnya. Tapi masih dua provinsi yang belum mengumumkan hasil kelulusan," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi dalam jumpa pers di kantornya, Senin (2/2).

Dari laporan Panselnas, lanjutnya, alasan daerah belum mengumumkan kelulusan CPNS karena peserta pendatang lebih banyak yang lulus dibanding putra daerah.

BACA JUGA: Besok Periksa BW, Polisi Akan Sodorkan Bukti Rekayasa Saksi

Alasan lain masih melakukan klarifikasi hasil peringkat (pilihan satu dibanding pilihan dua dengan nilai yang lebih tinggi), dan lokasi atau unit penempatan formasi.

Di samping masih adanya beberapa daerah yang melakukan proses integrasi TKD dan tes kompetensi bidang (TKB).

BACA JUGA: Pimpinan KPK Ogah Temui Kuasa Hukum BG

"Kalau hanya karena peserta pendatang lebih banyak yang lulus, semestinya tidak membuat pemda menahan pengumuman. Kita sudah berupaya semaksimal mungkin membentuk imej kalau rekrutmen CPNS itu objektif dan transparan. Dengan penundaan ini malah membuat masyarakat curiga," tuturnya.

Diapun meminta agar kepala daerah selaku pejabat pembina kepegawaian (PPK) segera mengumumkan karena kewenangan untuk menetapkan kelulusan ada di tangan PPK. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anang Minta Jeda Eksekusi Mati jangan Terlalu Lama


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler