Ini Bahaya Abu Rokok Masuk Ke Mata Yang Sempat Viral

Selasa, 05 November 2019 – 23:30 WIB
Rokok dan asbak. Foto/ilustrasi: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com - Beberapa hari lalu viral di media sosial cerita tentang pengalaman menyakitkan terkena abu rokok yang masuk mata di jalan. Di mana, korban berada di belakang pengendara motor yang merokok, lalu abunya terbang dan masuk ke matanya. Insiden tersebut tentu bisa berbahaya bagi fungsi penglihatan dan berisiko sebabkan kecelakaan.

Bahaya abu rokok yang masuk ke mata

BACA JUGA: Gebrak Ajak Masyarakat Perangi Asap Rokok

Dampak paling ringan dari abu rokok yang masuk ke mata adalah terjadinya iritasi mekanik. Dikatakan dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, iritasi mekanik adalah suatu kondisi yang mirip dengan luka lecet di kulit.

"Sebenarnya mata punya mekanisme pertahanan sendiri. Kalau ada benda asing, mata langsung cepat menutup. Tapi, jika ada yang berhasil masuk ke mata, hal yang pertama kali terjadi adalah iritasi mekanik. Ini mirip luka di kulit, seperti lecet," ujar dr. Sepriani.

BACA JUGA: GEBRAK! Ajak Masyarakat Kurangi Asap Rokok

Tidak sekadar itu, mata yang kemasukan abu rokok juga bisa mengalami dampak buruk berikut ini:

1. Luka di kornea mata

Ketika abu rokok masuk ke mata, gangguan lain yang juga bisa terjadi sebagai akibatnya adalah luka di kornea. Dalam bahasa medis, kondisi ini disebut ulkus kornea.

"Kalau kena di kornea, bisa timbul rasa nyeri dan bisa berakhir menjadi luka atau ulkus. Kalau berlanjut, bisa jadi infeksi," ungkap dr. Sepriani.

2. Hifema

Hifema terjadi ketika terdapat perdarahan di bilik depan mata. Anda harus segera berobat ke dokter jika darah sudah menutupi pandangan.

"Kalau partikel abu rokoknya cukup besar, itu bisa menyebabkan perdarahan bilik depan mata atau hifema. Jadi, ada di darah di dalam kornea. Kalau darah sedikit, bisa diserap sendiri oleh mata. Tapi kalau darahnya banyak sampai mengaburkan penglihatan, itu harus segera ditangani dokter," tutur dr. Sepriani.

3. Glaukoma traumatik

Ini adalah kondisi paling parah yang bisa terjadi akibat mata kemasukan abu rokok. Kondisi ini bahkan bisa membuat penderita kehilangan fungsi penglihatan secara permanen.

"Paling parah, partikel abu rokok itu bisa menyebabkan glaukoma traumatik. Glaukoma itu peningkatan tekanan bola mata. Jadi, misalnya kena abu dan infeksi, bisa keluar cairan seperti nanah di mata. Itu bisa mengisi bilik depan mata," ucap dr. Sepriani.

"Kalau misalnya tambah lagi perdarahan (hifema), akibatnya tekanan di depan mata meningkat, timbulah glaukoma. Kalau tekanan bola matanya sangat tinggi, itu bisa menyebabkan kebutaan," tambahnya.

Mengetahui bahwa paparan abu rokok ke mata bisa menyebabkan hal-hal bahaya tersebut, bila sampai mengalaminya Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis mata. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi mata, sehingga kemungkinan terburuk bisa dihindari.

"Sebaiknya langsung ke dokter kalau mata bermasalah. Jangan dikucek, jangan digosok, jangan ditetesi apa pun juga. Kalau ingin dibersihkan, gunakan air bersih yang mengalir," dr. Sepriani mengingatkan.

Perhatikan kondisi mata dengan saksama. Jika tampak sangat merah, bengkak, terasa silau saat melihat, atau bahkan tidak bisa melihat, lebih baik langsung ke dokter. Jangan menunggu hingga keluhan yang lebih parah muncul.

Selain melanggar aturan, merokok saat berkendara bisa membahayakan orang-orang di sekitar. Abu rokok yang masuk ke mata tak hanya bisa membahayakan fungsi penglihatan mata, tapi juga berisiko menyebabkan kecelakaan. Misalnya jika kelilipan abu rokok saat mengendarai motor dengan kecepatan cukup tinggi.(NB/RN/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler