Ini Beberapa Makanan Penting Dikonsumsi Pria

Selasa, 07 Februari 2017 – 18:42 WIB
Tomat. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Berbeda dengan wanita, pria lebih cenderung kurang memperhatiakan makanan yang mereka makan.

Cara pria untuk hidup sehat adalah rajin berolahraga. Tapi, harus kita ketahui bahwa dengan olahraga saja tidak cukup untuk membuat tubuh menjadi sehat.

BACA JUGA: Makanan ini Membuat Anda Terlihat Awet Muda Loh

Asupan nutrisi dari makanan yang dimakan setiap harinya haruslah terpenuhi.

Nah, untuk itu, pria harus tahu nih bahwa ada beberapa makanan yang wajib mereka makan untuk menjaga kesehatan tubuh mereka, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Senin (6/2).

BACA JUGA: Enam Makanan Ini Baik Untuk Penderita Diabetes

1. Buah citrus

Grapefruits, jeruk, lemon dan limau kaya akan antioksidan yang membantu Anda memiliki jantung yang sehat. Buah jeruk kaya akan nutrisi penting yang melawan kanker dan mengurangi risiko beberapa penyakit kronis.

BACA JUGA: Konsumsi Kacang, Bisa Membantu Susutkan Berat Badan Anda

Satu analisis tahun 2007 menemukan satu porsi jeruk atau jus jeruk lebih padat gizi dibandingkan jus buah lainnya seperti apel, prune atau nanas.

Dosis vitamin C yang terkandug dalam buah ini juga mampu untuk membantu dalam perbaikan jaringan dan pertumbuhan tulang, yang membuat jeruk sempurna dikonsumsi pasca-latihan ringan.

Jeruk juga membantu tubuh menyerap zat besi dan asam folat dari makanan nabati dan bekerja untuk mencegah infeksi.

Vitamin C juga bagus untuk kesehatan mata dan bisa mengurangi risiko katarak dan sifat anti-inflamasi yang terkandung didalamnya bisa membantu mengurangi keparahan asma, rheumatoid arthritis dan kondisi peradangan lainnya.

2. Telur

Biasanya dimakan karena kandungan protein yang tinggi, telur memiliki beberapa manfaat selain dari faktor protein. Kuning telur mengandung 13 vitamin yang berbeda dan protein.

Kuning telur juga baik untuk penglihatan, karena mereka mengandung karotenoid untuk melindungi mata terhadap kerusakan yang berkaitan dengan usia. Telur juga baik untuk menurunkan berat badan.

Karena konten vitamin B tinggi dari telur maka mereka bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempertahankan tingkat metabolisme yang tepat dan menjaga tingkat gula darah.

3. Tomat

Tomat merupakan sumber yang sangat baik dari lycopene, antioksidan yang dikenal mampu untuk mengurangi risiko kanker.

Menurut Manscape, sebuah studi yang dilakukan di Harvard University menunjukkan bahwa pria yang makan setidaknya 10 produk berbasis tomat setiap minggu memiliki penurunan risiko kanker prostat dan risiko terkena jenis kanker lainnya, seperti kanker paru-paru dan perut.

Tomat kaya akan vitamin A, C, dan E dan mereka mengandung sifat anti-inflamasi alami serta kalium.

Vitamin A membantu dalam pencegahan kanker dan membantu mata dan saluran usus tetap sehat.

4. Lemak ikan

Sebuah kandungan protein yang tinggi ditambah dengan manfaat dari asam lemak omega-3 membuat ikan berlemak, seperti salmon, mackerel, herring, trout, sarden dan tuna albacore merupakan makanan yang tepat untuk laki-laki.

Omega-3 baik untuk kesehatan jantung, karena mereka bekerja untuk mengatur pembekuan darah dalam tubuh.

Mereka juga baik untuk mengurangi peradangan, yang membantu untuk meringankan gejala rheumatoid arthritis, asma dan penyakit inflamasi lainnya.

Omega-3 membantu pikiran serta hati dan bisa mencegah depresi.

5. Jamur

Jamur bisa mengobati segala jenis penyakit. Jamur mengandung antioksidan pelawan kanker dan mereka kaya akan selenium dan vitamin E.

Ketika dipadukan, maka selenium dan vitamin E membuat antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh yang akhirnya mengurangi risiko kanker dan penyakit yang mengancam jiwa lainnya.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yuk Kenali Manfaat Makanan fermentasi untuk Kesehatan


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler