Ini Cara Tepat Membersihkan Ponsel Anda Selama Wabah COVID-19

Senin, 30 Maret 2020 – 16:27 WIB
Ilustrasi bermain ponsel. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ada banyak perhatian yang diberikan dalam mencegah penularan COVID-19. Mulai dari mencuci tangan, tinggal di rumah ketika kita sakit, dan membersihkan permukaan yang biasa disentuh.

Mengenai yang terakhir, bagaimanapun, ada satu jenis permukaan yang mungkin kita abaikan, yakni layar sentuh dan tas ponsel kita.

BACA JUGA: Begini Cara Membersihkan Layar di iPhone, Cukup Pakai Disinfektan

"Layar sentuh pada perangkat gadget kita adalah sumber mikroba yang sering diabaikan yang bisa dibawa ke ruang pribadi kita," kata Dr. David Westenberg, profesor ilmu biologi di Universitas Sains dan Teknologi Missouri, seperti dilansir laman Health, baru-baru ini.

Bahkan, banyak penelitianTrusted Source telah menemukan bahwa ponsel kita bisa menjadi pembawa bentuk kehidupan mikroba, termasuk bakteri, virus, dan jamur.

BACA JUGA: Cukupkah Membersihkan Make up Hanya dengan Tisu Pembersih?

Sementara banyak dari ini tidak berbahaya, menurut Westenberg, ada juga organisme penyebab penyakit seperti virus SARS-CoV-2 yang bisa bertahan hidup di permukaan yang cukup lama untuk ditularkan kepada Anda atau orang lain.

Jika Anda sudah mencuci tangan, seberapa pentingkah membersihkan ponsel?

BACA JUGA: Apple Rilis Situs dan Aplikasi Informasi Covid-19

Westenberg mengatakan bahwa jika orang mencuci tangan sebelum menyentuh perangkat mereka, itu biasanya cukup untuk mencegah kita mentransfer virus melalui sentuhan.

"Namun, sesering kita menyentuh perangkat kita, mencuci tangan kita sebelum melakukan kontak baru dengan perangkat itu tidak praktis," jelas Westenberg.

Bahkan, menurut survei 2019 oleh perusahaan riset dscout, rata-rata orang menyentuh ponsel mereka 2.617 kali sehari.

Sehubungan dengan kenyataan ini, Westenberg mengatakan membersihakan layar sentuh dan casing ponsel harus menjadi bagian dari rutinitas Anda.

Pertama dan terutama, Anda harus berkonsultasi dengan situs web untuk produsen ponsel Anda atau membawa tas untuk instruksi spesifik yang mungkin mereka miliki untuk menghindari kerusakan pada perangkat atau kasing Anda.

Banyak produsen, termasuk Apple, telah memberikan rekomendasinya. Apple menyarankan hal-hal berikut untuk produk-produknya:

1. Gunakan hanya kain yang lembut dan tidak berbulu.

2. Hindari menyeka berlebihan.

3. Cabut semua sumber daya, perangkat, dan kabel.

4. Jauhkan cairan dari perangkat Anda.

5. Jangan biarkan kelembaban masuk ke celah apa pun.

6. Hindari semprotan aerosol, pemutih, dan abrasive.

7. Hindari menyemprotkan pembersih langsung ke perangkat Anda.

Namun, Anda harus menghindari menggunakannya pada kulit atau kain untuk mencegah kerusakan.(fny/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler