Ini Daftar Gadget yang Cocok untuk Aktivitas Live Streaming

Kamis, 30 Desember 2021 – 04:17 WIB
Ilustrasi notifikasi Live Streaming YouTube di aplikasi mobile. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Saat ini banyak orang tertarik mencoba live streaming sendiri karena banyak meraup keuntungan. 

Oleh karena itu seorang streamer membutuhkan gadget yang lengkap fungsinya untuk menunjang aktivitas streaming.

BACA JUGA: Gandeng Telkom, Sharp Indonesia Luncurkan TV Game Streaming

Memiliki kelengkapan gadget untuk streaming menjadi salah satu bukti streamer tersebut serius dan profesional. 

Ternyata kegiatan streaming ini memang dilengkapi dengan biaya produksi kecil. Terutama bila sudah memiliki perlengkapan utama seperti smartphone dan laptop bahkan bisa langsung mencoba terutama jika punya jaringan internet.

BACA JUGA: Laptop Gaming Ini Siap Pecahkan Rekor MURI

Peralatan tidak selalu harus mahal atau lengkap. Melainkan bisa sedikit demi sedikit mencoba dari produk murah dulu.

Untuk memulai kegiatan streaming, kita memang diwajibkan menyiapkan smartphone. Baik untuk kegiatan main game ataupun merekam video.

BACA JUGA: 3 Kesalahan Penggunaan Gadget yang Sering Anda Lakukan

Gunanya cukup banyak sehingga pastikan memilih tipe atau model terbaik. Berikut ini rekomendasi gadget untuk streamer berupa smartphone:

 

1. Xiaomi Redmi Note 10

Bagi Anda yang butuh gadget untuk streaming tetapi harganya murah, Xiaomi Redmi Note 10 adalah pilihannya.

Produk ini dibekali Snapdragon 732G. Spesifikasi inilah yang membuat kekuatan memainkan game begitu diunggulkan.

Khusus untuk kapasitas baterai, Xiaomi Redmi Note 10 memakai 5260 mAh. Meski Anda pakai seharian penuh, tetapi bisa tetap awet atau hanya berkurang sedikit. Anda bisa mendapatkannya seharga Rp2 jutaan.

 

2. Vivo V20

Vivo V20 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 720G dengan ketahanan baterai luar biasa. Cocok untuk kegiatan streaming dalam waktu lama. Baterai Vivo V20 awet sehingga tak perlu pemakaian sambil pengisian daya.

 

3. Realme 8 Pro

Sama seperti Vivo V20, Realme 8 Pro juga menggunakan Qualcomm Snapdragon 720G. Belum lagi dengan pilihan memori dengan kapasitas 8/128GB. Kapasitas ini belum tetap melainkan bisa ditambah dengan memori eksternal.

Pantas dikategorikan sebagai gadget untuk streamer karena kuat digunakan melibas game berat. Selain itu punya kapasitas baterai 4500 mAh. Ditambah fast charging 50W sehingga hanya butuh 47 menit untuk penuh.

 

4. Samsung Galaxy M31

Samsung Galaxy M31 sangat cocok dipakai untuk kegiatan live streaming karena tergolong juga sebagai hp gaming. Tidak lain karena dilengkapi chipset Exynos 9611. Belum lagi dengan tambahan prosesor delapan inti.

Produk Samsung Galaxy M31 juga dibekali dengan AI Gaming Booster. Tidak heran jika suhu, baterai sampai memori bisa selalu stabil. Khusus untuk visual grafisnya, Samsung Galaxy M31 mengandalkan Frame Booster.

Membandingkan PC atau Laptop untuk Streaming

Gadget untuk streamer paling penting lainnya pasti berupa PC atau laptop. Namun, terkadang dana tidak memungkin untuk membeli dua fasilitas tersebut. Terbilang butuh waktu lama menentukan pilihan terbaik.

Untuk memutuskannya, Anda dapat menentukan beberapa hal penting seperti performa. Bila berbicara mengenai performa sebenarnya sama-sama bagus bila berkualitas tetapi PC memang lebih mudah diubah atau dirakit baru.

Pastinya seorang gamer memang diwajibkan untuk upgrade perangkatnya dalam waktu tertentu. Misalnya bila ada update game baru sehingga lebih berat. Upgrade tersebut bisa berupa kapasitas RAM sampai storage.

Perbandingan lain yang harus Anda lakukan adalah soal mobilitas. Khusus untuk gamer, umumnya memang hanya melakukan kegiatan streaming di rumah. Baik saat mencoba memainkan tipe game mobile maupun pc sekalipun.

Sementara itu bila Anda sering melakukan aktivitas streaming di luar, maka gadget untuk streamer pastinya berupa laptop. Apalagi dapat mengerjakan kegiatan editing atau upload video di manapun Anda suka.

Harus diketahui perbandingan paling penting lainnya berupa harga antara laptop dan PC. Tentu laptop khususnya tipe gaming memiliki harga tinggi.

PC Gaming memang lebih murah tetapi tidak memiliki mobilisasi yang cukup bagus.

Melihat perbandingan seperti ini, perlengkapan kegiatan live streaming game tersebut harus dipikirkan dengan baik. Bila memiliki modal lebih banyak, membeli keduanya sekaligus juga bisa menjadi keputusan tepat.

Pilihan Webcam Terbaik Paling Jernih

Saat ini banyak produk webcam murah bertebaran di toko online. Tentu tidak semuanya dapat efektif digunakan dalam kegiatan streaming. Apalagi termasuk sulit seperti gaming berat dan tampilan konten berkualitas tinggi.

1. Logitech Plug and Play HD

Logitech Plug and Play HD terbilang sempurna sebagai gadget untuk streamer karena resolusinya 720p. Keunggulan lainnya bisa diatur menuju berbagai arah sehingga lebih fleksibel penggunaannya.

Pengguna bisa memperoleh Logitech Plug and Play HD dengan harga 600 ribuan. Selain itu proses instalasi dan pengaturan tidak sulit. Belum lagi berasal dari pabrikan Logitech yang tergolong sangat terkenal.

 

2. SPC WC02

SPC WC02 cocok dipakai oleh Anda yang ingin webcam murah. Namun, jangan meremehkannya karena kualitas gambarnya jelas.

Bahkan sudah banyak dipakai user dalam kegiatan seperti online class, seminar dan sebagainya.

 

3. NYK Nemesis A-90 Everest

NYK Nemesis A-90 Everest paling cocok dipakai oleh Anda yang mobile beraktivitas. Misalnya ingin live tapi tidak hanya di rumah. Desain yang digunakan berupa fold and go sehingga mudah disimpan.

Keunggulan utama NYK Nemesis A-90 Everest sebagai gadget untuk streamer mungkin soal fokus. Terdapat fokus otomatis sehingga tidak perlu khawatir blur. NYK Nemesis A-90 Everest bisa diperoleh seharga 400 ribuan.

4. M-Tech WB500

M-Tech WB500 termasuk produk yang banyak digunakan oleh streamer pemula. Terutama karena setting atau pengaturannya ternyata cukup sederhana.

Anda bisa belajar mengatur kecerahan, white balance maupun kontras.

Perlengkapan live streaming game satu ini juga dilengkapi frame rate 30 fps. Meski begitu, saat digunakan hasilnya seperti 60 fps. Audio M-Tech WB500 juga sangat jelas meski tidak ada eksternal.

 

Microphone dan Headphone Bagi Konten Kreator

Perlengkapan kegiatan live streaming game tentu bukan hanya soal tampilan pada layar. Melainkan audio harus ditambahkan agar konten lebih menarik. Apalagi dilakukan secara langsung sehingga hasilnya harus bagus.

Agar audio tetap bagus, disarankan menambah microphone untuk berbicara atau berkomunikasi dengan viewers.

Namun, bila sedang bermain game, sebenarnya hanya boleh memakai headphone asalkan mampu merekam audio.

Saat ini terdapat produk microphone maupun headphone dengan kualitas bagus bahkan harganya hanya ratusan ribu dan bisa tahan lama. Jadi, kegiatan streaming bisa mengeluarkan atau merekam suara berkualitas.

Sebenarnya untuk memiliki audio berkualitas tidak hanya diperoleh dari gadget untuk streamer saja. Melainkan setting audio interface secara profesional. Anda dapat mempelajari dan mengikuti seperti ahlinya.

Selain itu audio dapat tambah berkualitas dengan tambahan aksesoris audio. Contohnya mic arm/stand agar fleksibilitas meningkat secara drastis.

Bagus juga menambah shock mount agar getaran tidak banyak berpengaruh.

Termasuk juga perlengkapan berupa pop filter pada microphone. Gunanya agar saat berbicara dekat dengan mic, maka tetap lembut hasilnya. Shock mount juga berguna supaya efek plosive sound lebih minim munculnya.

Seorang streamer juga harus paham bahwa selain peralatan lengkap, mengatur lingkungan sekitar itu penting. Bisa memakai peredam suara yang ditambahkan pada bagian tembok. Pasti menjadi ideal sebagai tempat kerja.

Pentingnya Software Sebagai Penunjang Streamer

Perlengkapan kegiatan live streaming game pastinya memang bukan sekedar perangkat keras. Melainkan terdapat perangkat lunak atau software harus dicoba. Terlebih untuk menambah kebutuhan dan keperluan live stream.

Misalnya OBS Studio yang telah lama menjadi pilihan bagi gamer. Apalagi bisa digunakan gratis dan selalu kompatible dengan perangkat. Tampilannya juga sederhana sehingga dapat dipelajari untuk dipakai.

Pilihan gadget untuk streamer berupa software lainnya adalah Streamlabs OBS. Mungkin bisa kita kategorikan sebagai yang paling terkenal. Kelebihan utama Streamlabs OBS yakni UI beserta beragam fitur unik.

Rekomendasi aplikasi lainnya yaitu wirecast dengan keunggulan soal sistem compatible dengan device lain. Misalnya ingin Anda sambungkan dengan kamera atau capture device. Belum lagi fitur live switching, encoding dan sebagainya.

Selain itu Anda juga bisa mencoba rekomendasi lain semacam vMix atau XSplit sebagai software pilihan. Masing-masing dilengkapi fitur dan UI tersendiri. Pastikan memilih yang sederhana tapi berkualitas saat membuat konten.

Bila sudah melengkapi diri dengan beragam hardware dan software penting, bisa mulai melakukan streaming berkualitas. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler