Ini Dia Pengusaha Terkaya di Inggris

Senin, 22 April 2013 – 11:13 WIB
LONDON--Pebisnis Rusia Alisher Usmanov ditahbiskan sebagai orang paling kaya di Inggris dan Irlandia versi koran Sunday Times, dengan nilai kekayaan mencapai 13,3 miliar poundsterling atau sekitar Rp196 triliun. Sang konglomerat berusia 59 tahun ini juga memiliki 30 persen saham di klub sepakbola papan atas Arsenal serta pabrik biji besi Metalloinvest.

Usmanov memulai kerajaan bisnisnya dengan sebuah pabrik pembuat kantong plastik. Kini dalam daftar usahanya terdapat bisnis internet mail.ru serta perusahaan telekomunikasi MegaFon yang telah terdaftar di bursa London dan Moskow.

Sementara pemegang mahkota daftar orang terkaya Inggris selama beberapa tahun, pengusaha baja Lakshmi Mittal melorot posisinya dari orang paling kaya menjadi orang keempat terkaya tahun ini dengan jumlah harta mencapai 10 miliar poundsterling atau Rp 147 triliun.

Seribu orang terkaya Inggris dan Irlandia dalam daftar ini disebut saling berbagi kemakmuran senilai 450 miliar poundsterling. Namun, banyak nama dalam daftar ini yang bukan orang asli Inggris, sementara warga kelahiran setempat yang masuk daftar tertinggi adalah Duke of Westminster Gerald Grosvenor. Pria ningrat ini berada di peringkat delapan dengan kekayaan mencapai 7,8 miliar poundsterling dari bisnis properti.

Konglomerat Inggris lain, Sir Richard Branson, pemilik merek kelompok usaha Virgin, berada di poisisi 19 dengan kekayaan mencapai 3,5 miliar poundsterling. Sementara taipan (pengusaha) asal Rusia lainnya, Roman Abramovich pemilik klub Chelsea, turun peringkat kekayaannya jadi posisi lima dengan harta 9,3 miliar poundsterling. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Korban Gempa Tiongkok Bertambah

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler