Ini Dia Tanda Depresi Yang Cukup Mengejutkan

Senin, 06 Juni 2016 – 17:28 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Laman Prevention

jpnn.com - Depresi biasanya adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesedihan yang mendalam, berlebihan dan juga berkepanjangan.

Gangguan-gangguan depresi tidak hanya perasaan sedih saja namun juga rasa lelah yang berlebihan ketika melakukan aktivitas rutin setiap hari. Sseorang yang sedang depresi tampak malas dan hilang semangat saat akan melakukan segala aktivitas.

BACA JUGA: Hati-hati, Ini Bahaya Terlalu Lama Duduk

“Namun jangan salah, depresi tidak selalu terlihat Anda selalu sedih atau murung,” kata seorang profesor penyakit dalam di University of California, Richard Kravitz, MD, MSPH, seperti dilansir laman Prevention, Minggu (5/6).

Berikut adalah tanda-tanda mengejutkan dari depresi.

BACA JUGA: Bahasa LGBT di Indonesia Lebih Eksklusif Dibanding Jepang

1. Anda sering mengalami nyeri

Depresi dan rasa sakit berbagi beberapa jalur biologis yang sama dan neurotransmiter. Sekitar 75 persen dari orang dengan depresi menderita nyeri berulang atau kronis.

BACA JUGA: Fakta! Twitter di Tokyo Untuk Sarana Informasi, di Jakarta buat...

Dalam sebuah penelitian di Canada yang dipublikasikan di jurnal Pain, orang dengan depresi empat kali lebih mungkin untuk memiliki nyeri punggung dan leher yang intens.

Sebuah studi dalam Archives of General Psychiatry tahun 2008 menemukan bahwa ketika orang depresi maka aktivitas otak mereka menunjukkan lebih banyak emosi jadi mereka kurang mampu menangani rasa sakit.

2. Emosi tidak stabil

Dalam sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Psychiatry, 54 persen dari orang dengan depresi melaporkan perasaan bermusuhan, mudah marah dan suka argumen.

3. Anda tidak merasakan apa pun

Sebagian besar dari kita memiliki motivasi yang membuat kita keluar dari tempat tidur di pagi hari, apakah itu pekerjaan, olahraga, bersosialisasi atau membuat sarapan.

Tapi bagi orang yang mengalami depresi, mereka sama sekali kehilangan motivasi tersebut.

Dan perilaku semacam zombie adalah tanda depresi dan bisa membuat Anda tampak dingin, jauh atau menyendiri.

4. Anda lebih suka minum alkohol

Hampir sepertiga orang dengan depresi juga memiliki masalah alkohol, penelitian menunjukkan. Dan mereka yang minum lebih dari dua atau tiga gelas setiap malam akan memperkuat emosi negatif dan tanda-tanda depresi seperti mudah marah, agresif, kecemasan dan depresi yang lebih besar.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Keren!! 6 Jurnalis Malaysia Promosikan Wonderful Indonesia di Sambas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler