Ini Gejala Kanker Kulit yang Mudah Terdeteksi

Kamis, 07 September 2017 – 23:45 WIB
Sakit kepala. Foto: NDTV.com

jpnn.com - SEIRING dengan semakin menipisnya lapisan ozon di langit yang terus terjadi, maka kemungkinan kasus kanker kulit akan terus meningkat setiap tahunnya.

Itu berarti kita semua, tidak soal warna kulit apapun, memiliki risiko mengidap sakit ini.

BACA JUGA: Kasihan, Zaenab Tak Punya Duit untuk Obati Kanker Kulit

Karena itulah Anda perlu memahami cara mengenali ciri-ciri kanker kulit dari sejak awal kemunculannya agar bisa cepat ditangani.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Prevention:

1. Benjolan di bawah kulit Anda

Anda tidak bisa melihatnya. Tetapi jika Anda merasakan benjolan di bawah kulit Anda, terutama di daerah seperti pangkal paha, ketiak atau leher, itu mungkin merupakan indikasi kanker kulit yang telah menyebar ke kelenjar getah bening Anda.

Aturan praktis yang bagus: Jika Anda menemukan benjolan di mana saja, temui dokter Anda.

2. Sakit perut

Seiring dengan kelenjar getah bening, melanoma bisa menyebar ke hati Anda. Jika itu terjadi, Anda mungkin mengalami rasa sakit di kuadran kanan atas perut Anda,

Rasa sakit semacam ini berhubungan dengan banyak kondisi kesehatan, beberapa di antaranya tidak terlalu menakutkan (seperti batu empedu). Jadi jangan panik tapi temui dokter Anda.

3. Masalah pernafasan

Setelah melanoma bermetastasis, mereka juga bisa menyebar ke paru-paru Anda. Jika masuk ke paru-paru, Anda bisa mengalami sesak napas atau batuk terus-menerus.

4. Nyeri sendi

Seiring dengan kelenjar getah bening, paru-paru, hati dan tulang Anda merupakan tempat melanoma menyebar.

Jika begitu, Anda mungkin mengalami gejala mirip artritis seperti nyeri sendi. Jika Anda tidak tahu mengapa lutut atau pinggul Anda sakit, temui dokter Anda untuk mengetahui penyebabnya.

5. Penglihatan kabur

Kanker melanoma dimulai pada melanosit, sel penghasil pigmen yang banyak ditemukan di kulit Anda.

Tapi melanosit juga ditemukan di mata dan bagian tubuh lainnya, jadi jarang terjadi kanker primer muncul di salah satu lokasi tersebut.

Jika Anda mengembangkan melanoma di dalam atau di sekitar sel-sel di mata Anda, penglihatan buram atau gangguan mata mungkin merupakan salah satu gejala pertama Anda

Anda mungkin juga melihat pigmen atau perubahan warna pada iris mata.

Saat melanoma menyerang mata Anda atau melanosit non kulit lainnya, ini tidak ada hubungannya dengan paparan sinar matahari.

Mungkin dalam beberapa kasus berhubungan dengan sindrom genetik, tapi biasanya secara sporadis.

6. Kram

Tambahkan melanoma ke daftar penyakit yang bisa menyebabkan gejala terkait usus. Usus Anda, seperti mata Anda mengandung melanosit dan juga bisa membuat melanoma tersembunyi.

Diare, konstipasi, kram atau nyeri mungkin terjadi. Anggap ini hanya satu alasan lagi mengapa Anda tidak boleh mengabaikan masalah perut Anda.

7. Sakit kepala

Seperti mata dan usus Anda, otak Anda mengandung melanosit dan karenanya bisa menyembunyikan melanoma.

Sakit kepala, kejang atau masalah kognitif adalah semua gejala yang mungkin terjadi.

Gejala yang sama bisa muncul jika Anda memiliki melanoma yang dimulai pada kulit Anda dan menyebar ke otak Anda.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler