Ini Harapan Anang Hermansyah kepada 15 Anggota DPR dari Selebritas

Senin, 02 September 2019 – 11:44 WIB
Anang Hermansyah. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memutuskan daftar anggota DPR terpilih. Terdapat 15 anggota DPR dari kalangan selebritas di tanah air.

Anggota DPR Anang Hermansyah menyambut baik terpilihnya sejumlah legislator dari kalangan selebritas sebagai anggota DPR RI. "Saya menyampaikan selamat kepada teman-teman khususnya dari kalangan selebriti yang terpilih menjadi anggota DPR periode 2019-2024," ujar Anang di Jakarta, Senin (2/9).

BACA JUGA: Daftar 12 Nama Selebriti Lolos ke Senayan sebagai Anggota DPR

Menurut Anang, sejumlah agenda penting di parlemen periode mendatang telah menanti di depan mata. Menurut dia, kendati para anggota DPR dari kalangan selebritas berangkat dari partai politik, tapi sejatinya mereka mewakili profesi sebelumnya yakni sebagai pelaku seni.

"Ada istilah fungsional representation. Nah, para selebriti yang menjadi anggota DPR ini selain sebagai wakil dari partai politik, mereka juga mewakili profesi yang sebelumnya melekat yakni sebagai seniman," ujar Anang.

BACA JUGA: Segelintir Anggota DPR Bakal Menentang Keras Pemindahan Ibu Kota

BACA JUGA: Anang Hermansyah Lega RUU Permusikan Ditarik dari Prolegnas

Oleh karenanya, Anang berharap para selebritas yang duduk menjadi anggota DPR dapat fokus pada persoalan yang muncul di kalangan seniman di Indonesia dengan tetap menggarap isu lainnya. Dengan cara begini, imbuh Anang, para selebritas memiliki citra diri yang khas dengan isu-isu sektoral.

BACA JUGA: 3 Tahun Bekerja, Asisten Ashanty dan Anang Hermansyah Mundur

"Karena seniman menguasai isu-isu seperti soal kreatif, hak cipta, musik, budaya, film, dan lain-lain," tambah Anang.

Musisi asal Jember ini menyarankan sebaiknya para anggota DPR yang berlatarbelakang sebagai seniman fokus pada persoalan terkait seni.

"Sebaiknya fokus di isu sektoral itu. Karena persoalannya sangat banyak, maka harus mendapat perhatian khususnya dari kalangan seniman yang berada di Parlemen," kata Anang.

Menurut dia, posisi seniman di DPR juga dapat menjadi jembatan komunikasi antara seniman yang berada di luar parlemen dengan lembaga parlemen. Aspirasi dari kalangan seniman idealnya dapat mudah dieksekusi dengan keberadaan seniman di Parlemen.

"Komunikasi politik antara fraksi juga harus dilakukan oleh seniman yang berada di DPR, tujuannya agar persoalan yang muncul di lapangan terkait isu seniman dapat mudah dieksekusi," tegas Anang. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dikritik Karena Pakai Baju Terbuka, Begini Penjelasan Ashanty


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler