Ini Jenis-Jenis Kabel Listrik dan Fungsinya, Jangan Sampai Salah Pakai

Jumat, 14 Januari 2022 – 22:54 WIB
Ilustrasi jenis-jenis kabel. Foto: dok Wilsoncables

jpnn.com - Fungsi utama dari kabel power adalah sebagai penghantar energi listrik. Namun, seiring perkembangan zaman, fungsi kabel listrik kini juga bisa digunakan untuk koneksi data.

Berdasarkan penggunaannya, kabel listrik dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu NYM, NYA, dan NYY.

BACA JUGA: Polrestabes Surabaya Tangkap Pelaku Pencurian Kabel Telkom

Mengetahui macam-macam jenis kabel dan fungsinya, merupakan hal penting yang harus menjadi pengetahuan dasar agar memudahkan Anda dalam memilih kabel yang tepat dan cocok untuk bangunan.

Tahukah Anda perbedaan NYM, NYA, dan NYY? Dan apa fungsinya??

BACA JUGA: Api Memercik dari Kabel Listrik, 60 Rumah di Kemayoran Hangus

Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis kabel listrik dan fungsinya :

Jenis kabel daya NYM

BACA JUGA: Guru Ponpes Diduga Aniaya Santri, Pakai Kabel Listrik

Kabel ini memiliki lebih dari satu inti atau penampang kawat dan setiap kawat diisolasi. Dengan memiliki tiga lapisan isolator, Anda bisa menggunakan kabel listrik NYM ini untuk di luar ruangan atau di dalam ruangan.

Kelebihan kabel NYM adalah karakteristiknya yang baik, tidak mudah putus, dan tidak mudah terkelupas.

Kabel jenis ini paling banyak digunakan untuk arus listrik di rumah atau colokan. Selain harganya terjangkau kabel ini memiliki lapisan isolasi yang kuat.

Jenis kabel listrik NYA

Kabel ini memiliki inti tunggal dengan lapisan isolasi yang terbuat dari bahan PVC, kabel jenis ini cocok digunakan sebagai kabel listrik pada instalasi listrik rumah Anda.

Setiap kabel NYA memiliki diameter yang berbeda-beda, antara lain 2,5 milimeter atau 1,5 milimeter.

Jika anda ingin menjadikan kabel NYA sebagai kabel utama untuk instalasi rumah anda, maka sebaiknya menutup kabel tersebut dengan pipa instalasi agar lebih awet dan aman. 

Pasalnya, kabel NYA ini sangat mudah putus dan terkelupas pada isolator.

Jenis kabel listrik NYY

Karakteristik kabel NYY jenis ini sama dengan NYM, hanya saja ukuran dan isolatornya lebih besar, kuat, dan tebal serta bisa menahan cuaca ekstrem.

Oleh karena itu, kabel jenis ini banyak digunakan sebagai kabel instalasi di gedung perkantoran, apartemen, hotel, pabrik dan lain sebagainya.

Kabel jenis ini sering ditanam di tanah atau bisa langsung dicor ke beton atau dinding untuk memberikan nilai estetika.

Harga kabel ini relatif mahal dan belum banyak yang menggunakannya untuk instalasi listrik di rumah-rumah pribadi.

Instalasi peralatan pelindung listrik utama menahan tegangan operasi instalasi listrik untuk waktu yang lama dan memungkinkan Anda untuk bekerja pada bagian aktif yang diberi energi.

Perangkat pelindung listrik tambahan sendiri tidak bisa memberikan perlindungan terhadap sengatan listrik pada tegangan tertentu, tetapi melengkapi perangkat pelindung dasar, dan juga berfungsi untuk melindungi terhadap tegangan sentuh dan langkah.

Peralatan pelindung harus disimpan sebagai inventaris di lokasi instalasi listrik atau termasuk dalam inventaris kru lapangan operasional, kru pemeliharaan, mobil laboratorium tegangan tinggi, dan dikeluarkan untuk penggunaan individu.

Tanggung jawab untuk penyediaan personel yang tepat waktu dan penyelesaian instalasi listrik dengan peralatan pelindung yang diuji sesuai dengan standar pengambilan.

Organisasi penyimpanan yang tepat dan pembuatan stok yang diperlukan, produksi inspeksi dan pengujian berkala yang tepat waktu.

Penarikan dana yang tidak digunakan dan organisasi akuntansinya ditanggung oleh kepala bengkel, servis, gardu induk, bagian jaringan, mandor area yang bertanggung jawab atas instalasi listrik atau tempat kerja, dan secara umum untuk perusahaan, chief engineer atau orang yang bertanggung jawab atas sistem kelistrikan.

Tang isolasi dimaksudkan untuk mengganti sekering di instalasi listrik hingga dan di atas 1000 V.

Saat bekerja dengan tang untuk mengganti sekering, selain sarung tangan dielektrik, kacamata pelindung harus digunakan.

Untuk memeriksa ada tidaknya tegangan pada instalasi listrik hingga 1000 V, dua jenis indikator digunakan: dua kutub, beroperasi dengan arus aktif yang mengalir, dan kutub tunggal, beroperasi dengan arus kapasitif.

Indikator dua kutub dirancang untuk instalasi listrik arus bolak-balik dan searah, dan kutub tunggal - untuk instalasi listrik arus bolak-balik.

Saat melakukan instalasi listrik, sangat penting bagi Anda untuk menggunakan alat pelindung diri. Terutama instalasi listrik yang berisiko tinggi dan tinggi, seperti instalasi untuk gedung tinggi, yang mana sebaiknya dilengkapi dengan body harness safety.

Peralatan pelindung listrik dirancang untuk memastikan keamanan listrik dan dibagi menjadi: utama dan tambahan

Perkakas berinsulasi meliputi fitting dan rakitan dengan pegangan penyegel (kunci pas yang bisa disesuaikan, kunci pas ratchet, tang, tang, klem samping dan soket, obeng, pisau tetap, dll.), digunakan untuk bekerja di bawah tegangan pada instalasi listrik hingga 1000 V sebagai peralatan pelindung utama.

Peralatan pelindung listrik dasar dan tambahan yang dirancang untuk digunakan dalam instalasi listrik tertutup, dan dalam instalasi listrik terbuka dan di saluran listrik di atas kepala - hanya dalam cuaca kering.

Sebelum setiap penggunaan peralatan pelindung, personel harus memeriksa kemampuan servis, tidak adanya kerusakan eksternal, kontaminasi, memeriksa tanggal kedaluwarsa menggunakan stempel.

Tidak diperbolehkan menggunakan alat pelindung diri yang kedaluwarsa. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler