Ini Kata Kaesang soal Gimmick Gibran yang Bikin Debat Cawapres Jadi Panas

Selasa, 23 Januari 2024 – 20:39 WIB
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mensimulasikan pencoblosan surat suara Pilpres 2024 dalam kampanye akbar PSI di Solo, Jawa Tengah, Senin (22/1/2024). Foto: dok PSI

jpnn.com, SIDOARJO - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep angkat bicara soal gimmick yang ditampilkan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres, Minggu (21/1) lalu.

Dia mempersilahkan masyarakat untuk menilai gimmick-gimick sang kakak saat debat cawapres.

BACA JUGA: Relawan Pejuang 08 Dukung Prabowo-Gibran Demi Wujudkan Indonesia Adil dan Makmur

"Ya balik lagi, biar yang nonton aja yang menilai," kata Kaesang di GOR Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (23/1).

Dia membantah Gibran kerap melakukan gimmick dalam sehari-sehari. Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu pun menolak berkomentar banyak soal gimmick yang ditampilkan Gibran dalam debat cawapres.

BACA JUGA: Qodari: Dukungan Erick Thohir Jadi Game Changer untuk Kemenangan Prabowo-Gibran

"Masa keseharian seperti itu," ucapnya.

Sebelumnya, Gibran sempat melakukan gestur dengan meletakan tangannya di dahi sembari melongok ke arah atas hingga bawah dengan melihat Mahfud MD ketika menanyakan mengenai inflasi hijau.

BACA JUGA: Cuitan Kemenhan Pakai Tagar Prabowo-Gibran Berbuntut Panjang

"Saya nyari jawaban Pak Mahfud. Saya nyari-nyari di mana ini jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah jawab ekonomi hijau," ujar Gibran dalam debat cawapres.

Lantas, Mahfud seolah memberikan respons serupa dengan celingak-celinguk. Karena, merasa jawaban Gibran soal cara mengatasi greenflation atau inflasi hijau juga tidak nyambung.

"Saya juga ingin mencari tuh jawabannya, ngawur juga. Ngarang-ngarang ndak karuan," ucap Mahfud.

Bahkan, Mahfud lantas membalas dengan enggan menjawab pertanyaan Gibran. Sebab, ia menilai pertanyaan yang disampaikan Gibran merupakan pertanyaan recehan.

"Begini lo, kalau akademis itu kalau bertanya yang kayak gitu-gitu tuh recehan, gitu, recehan recehan. Oleh sebab itu, itu tidak layak dijawab menurut saya," kata Mahfud.

Gibran Rakabuming Raka, menanggapi santai soal dirinya yang dinilai ofensif atau menyerang rivalnya, Muhaimin Iskandar dan Mahfud Md dalam debat cawapres, Minggu malam (21/1/2024).

Gibran menyerahkan penilaian soal penampilannya di debat cawapres malam ini kepada para penonton.

"Masalah ofensif atau tidak itu saya kembalikan lagi ke pemirsa atau penonton," kata Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan usai mengikuti debat cawapres di JCC, Senayan, Jakarta.

Putra sulung Presiden Jokowi itu mengatakan hanya bertukar pikiran dengan Cak Imin dan Mahfud Md. Selain itu, Gibran mengaku hanya menyampaikan visi misinya dalam debat cawapres.

"Saya tadi hanya bertukar pikiran, menyampaikan visi misi. Itu saja," ujar Gibran.

Gibran pun senang dapat bertukar pikiran dengan Muhaimin Iskandar dan Mahfud Md. Wali Kota Solo itu berharap debat cawapres dapat memberikan gambaran kepada masyarakat terkait arah kebijakan masing-masing pasangan capres-cawapres.

"Terima kasih sekali malam ini berkesempatan untuk bertukar pikiran dengan Prof Mahfud dan juga Gus Muhaimin. Semoga debat malam ini memberikan gambaran tentang ke mana nanti arah bangsa ini akan melangkah," jelas Gibran. (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler