Ini Kata Para Musisi tentang Yon Koeswoyo dan Koes Plus

Minggu, 07 Januari 2018 – 05:30 WIB
Keluarga dan kerabat saat pemakaman Yon Koeswoyo di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1). FOTO: MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Yon Koeswoyo meninggal dunia dan jenazahnya telah dimakamkan, Sabtu (6/1). Menyusul Tonny Koeswoyo dan Murry yang lebih dulu berpulang.

Tapi, Koes Plus, band yang mereka gawangi bersama Yok Koeswoyo, satu-satunya personel asal yang tersisa, tak ikut terkubur.

BACA JUGA: Cak Nun Akan Tulis Kisah Mendiang Yon Koeswoyo

Kesaksian para penyanyi dan musisi dari berbagai era berikut ini memperlihatkan betapa abadinya inspirasi yang ditebarkan band yang diawali di Tuban, Jawa Timur, itu.

GLENN FREDLY (Penyanyi, penulis lagu, anggota Trio Lestari)

BACA JUGA: Yon Koeswoyo Keturunan Ningrat, tak Membeda-bedakan Teman

”Chord atau melodi lagu-lagu Koes Plus sederhana. Tapi, dengan lirik yang dalam dan kuat, karya mereka abadi. Om Yon dan personel Koes Plus lainnya mengajarkan untuk tidak pernah lelah berkarya.”

RIAN EKKY PRADIPTA (Vokalis D’Masiv)

BACA JUGA: Keburu Dipanggil, Yon Koeswoyo Gagal Manggung di Lombok

Lagu Koes Plus Favorit: Bunga di Tepi Jalan

”Saya sering ke rumah Om Yon untuk minta tanda tangan di piringan hitam koleksi saya. Koes Plus albumnya ada 100 lebih dan mereka terus berkarya sampai tua. Itu teladan buat saya dan teman-teman D’Masiv.”

TULUS (Penyanyi, penulis lagu)

Lagu Koes Plus Favorit: Andaikan Kau Datang

”Walaupun nggak dekat sama para personel, saya suka banget sama lagu-lagu Koes Plus.”

I GUSTI VIKRANTA (Drumer Kelompok Penerbang Roket)

”Single kami, Jimi Hendrikoes, terinspirasi dari Jimi Hendrix dan Koes Plus. Karya-karya mereka punya tema yang sangat luas dan dibalut dengan musik pop yang khas nuansa Indonesia.”

DAVID NAIF (Vokalis Naif)

Lagu Koes Plus Favorit: Bujangan

”Koes Plus adalah influencer terbesar kami selain The Beatles. Mereka pionir musik pop Indonesia sekaligus tak takut merambah aneka genre seperti dangdut, Melayu, rock n roll, blues, dan bossa nova.”

DWIKI DHARMAWAN (Keyboardist Krakatau)

Lagu Koes Plus Favorit: Kolam Susu

”Koes Plus pandai membuat lirik yang universal. Misalnya lagu-lagu bertema kekayaan alam Indonesia seperti seri Nusantara dan Kolam Susu. Kita seolah diingatkan lagi bahwa negeri kita kaya, tapi kita kurang sadar.”

ASIDO PANJAITAN (Drumer Panbers)
Lagu Koes Plus Favorit: Cintamu T’lah Berlalu

”Cintamu T’lah Berlalu itu lagu patah hati dengan lirik bagus yang sangat menyentuh perasaan. Para personel Koes Plus itu juga selalu memberi kami, para juniornya, masukan agar bisa eksis di musik.”

OBBIE MESSAKH (Penyanyi, penulis lagu)
Lagu Koes Plus Favorit: Why Do You Love Me

”Lagu cinta mereka menginspirasi saya saat membuat lagu-lagu cinta pada 1980-an sampai 1990-an. Why Do You Love Me juga memperlihatkan betapa khasnya suara Yon Koeswoyo.” (len/nor/c9/ttg)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cak Nun: Yon Koeswoyo adalah Pribadi yang Murni


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler