Ini Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesuburan Wanita

Jumat, 05 Desember 2014 – 20:50 WIB
Kacang Brasil memiliki beragam manfaat. Foto: istimewa

jpnn.com - KACANG Brasil tengah naik pamor karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, terutama bagi diet yang sehat. Tidak ada keraguan bahwa kacang ini tinggi kalori, tetapi kacang ini juga mengandung mineral, anti-oksidan dan vitamin yang cukup banyak.

Selain itu, ada banyak manfaat kesehatan dari kacang Brasil karena kandungan selenium, magnesium, dan tiamin yang tinggi. Flavonoid yang ada dalam kacang ini berguna untuk melawan perkembangan kanker. 

BACA JUGA: Kulit Singkong untuk Lukisan

Penelitian yang diadakan oleh University of Adelaide, Australia menemukan bahwa selenium yang selain bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh, juga mengandung antioksidan alami yang memainkan peran penting dalam tahap awal konsepsi dan perkembangan folikel ovarium yang sehat, yang bertanggung jawab untuk produksi telur pada wanita, yang tentunya dapat meningkatkan peluang seorang wanita untuk hamil.

"Selenium merupakan elemen penting yang ditemukan dalam makanan kaya protein seperti daging merah, makanan laut dan kacang-kacangan," kata salah seorang peneliti Melanie Ceko, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (5/12).

BACA JUGA: Tiga Bahaya Menginap di Tempat Lain

Ceko mengatakan selenium penting bagi banyak fungsi biologis, seperti respon imun, produksi hormon tiroid dan bertindak sebagai antioksidan dan juga membantu detoksifikasi zat kimia yang merusak di dalam tubuh.

Sebagai bagian dari studi ini, peneliti menunjuk persis di mana selenium terletak di ovarium. Kemudian, mereka mengalihkan perhatian mereka ke protein yang mengandung selenium, yang disebut GPX1. Mereka menemukan kandungan selenium dan protein yang tinggi pada folikel ovarium yang sehat di mana telur yang dihasilkan.

BACA JUGA: Sehat dengan Obat Herbal

"Kami menduga mereka memainkan peran penting sebagai antioksidan selama tahap akhir perkembangan folikel yang membantu menyebabkan lingkungan yang sehat untuk telur," pungkas Dr. Ceko. (fny/jpnn)

Berikut makanan yang mengandung selenium

1. Kacang Brasil.

2. Seafood, terutama tuna, ikan todak, halibut, mackerel, tiram, kerang, cumi-cumi, lobster dan kerang.

3. Roti Gandum.

4. Daging Merah.

5. Jamur.

6. Biji-bijian seperti gandum.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terlalu Lama Pakai Ponsel Tingkatkan Risiko Kanker Otak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler