Ini Manfaat Mengejutkan Mandi Malam

Kamis, 06 April 2017 – 23:17 WIB
Ilustrasi. Foto: pixabay

jpnn.com -
Mungkin di antara Anda ada yang pernah dinasehati untuk tidak mandi malam hari karena buruk bagi kesehatan. Namun, hasil penelitian terbaru justru menunjukkan bahwa mandi malam sangat baik untuk kualitas tidur.

Para ahli mengatakan ada bukti bahwa mandi malam bisa membantu Anda tertidur nyenyak, jika dilakukan pada waktu yang tepat.

BACA JUGA: Susah Tidur? 7 Makanan Enak Ini Bisa Membantu Anda

"Trik utama adalah jangan terlambat, Anda tidak ingin suhu tubuh panas sebelum tidur," kata peneliti dari Center for Sleep Medicine at NewYork-Presbyterian/Weill Cornell Medical Center, Dr. Dianne Augelli, seperti dilansir laman Health, Rabu (5/3).

Dijelaskannya, suhu tubuh memainkan peran penting dalam mengatur ritme sirkadian yang memberitahu tubuh Anda ketika merasakan kantung.

BACA JUGA: Tidak Bisa Tidur? Coba deh Trik Ini

Pada siang hari, suhu tubuh secara alami naik sampai sore hari, dari sore hingga malam suhu tubuh mulai turun.

"Pendinginan adalah sinyal yang memberitahu Anda bahwa sudah saatnya untuk tidur, sehingga mengganggu proses ini bisa membuat Anda lebih sulit untuk tertidur," jelas Dr. Augelli

"Mandi sore bahkan pada malam hari bisa memberikan tubuh Anda kesempatan untuk cooling down (mendinginkan) dan bahkan bisa memicu tidur," kata Shelby Harris, director of behavioral sleep medicine at New York’s Montefiore Medical Center.

Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa memanaskan tubuh Anda dengan berendam bisa membantu menginduksi tidur. Asalkan Anda punya cukup waktu untuk mendinginkan tubuh sesudah mandi.

Atur waktu Anda sekitar satu setengah jam sebelum jam tidur. Dengan begitu, ketika berbaring tubuh Anda sudah kering, sejuk dan siap untuk tidur.

Selain itu, menurut National Sleep Foundation, mandi sebelum tidur bisa membantu membersihkan kulit Anda dan mengurangi jerawat, mencegah keriput dan membantu pelembab bekerja lebih efektif.(fny/jpnn)


Redaktur : Adil
Reporter : Adil, Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler