Susah Tidur? 7 Makanan Enak Ini Bisa Membantu Anda

Rabu, 05 April 2017 – 20:34 WIB
Ilustrasi. Foto: istock

jpnn.com - Susah tidur bisa mengganggu kesehatan Anda. Selain mudah merasa lelah, Anda juga menjadi tidak produktif karena kurang tidur.

Mungkin Anda belum tahu bahwa makanan dan minuman yang Anda konsumsi malam hari bisa membantu menyelesaikan masalah ini.

BACA JUGA: Lihat, Makanan Kedaluwarsa asal Malaysia Masuk Kaltara

Berikut ini beberapa makanan yang bisa bantu Anda tertidur lebih cepat, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Senin (3/4):

1. Ceri

BACA JUGA: Inilah Sumber Mineral yang Baik Untuk Otot

Para peneliti telah menemukan bahwa makan ceri segar atau minum jus ceri sebelum tidur membantu Anda terlelap. Bahkan ada beberapa studi menyebutkan ceri lebih efektif ketimbang suplemen melatonin.

2. Susu

BACA JUGA: Makanan Ini Dapat Membuat Anda Semakin Gemuk

Segelas susu hangat sebelum tidur telah lama dianggap sebagai obat tidur terbaik. Penjelasan ilmiahnya adalah, kalsium di dalam susu memberikan efek relaksasi dan menenangkan sistem saraf tubuh. Jadi, jangan lupa minum susu, lalu cuci kaki dan tangan Anda sebelum tidur ya.

3. Ikan mentah

Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dalam ikan seperti salmon, halibut, dan ikan asin bisa meningkatkan sekresi otak Anda dari melatonin. Kehadiran vitamin B6 dalam berbagai jenis ikan ini juga diduga membantu.

4. Beras melati

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada 2006 lalu menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi beras melati tertidur lebih cepat. Hal ini dikarenakan beras dengan nama lain beras Thailand ini mengandung indeks glisemik tinggi.

5. Pisang

Pisang kaya akan magnesium dan kalium yang bertindak sebagai relaksan otot alami. Pisang juga mengandung vitamin B6 dan tembaga.

6. Tiram

Tiram mengandung seng, besi, magnesium dan vitamin B11. Menurut Livestrong, tiram adalah makanan sumber magnesium dan seng terbaik.

Tiga ons tiram masak menyediakan 19 persen dari jumlah magnesium yang direkomendasikan untuk tubuh dalam sehari dan lebih dari 1.000 persen untuk zinc.

7. Teh herbal

Teh chamomile diduga bertindak sebagai obat penenang ringan, mendorong relaksasi dan mengatasi kecemasan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa teh valerian bisa membantu Anda tidur dan bahkan meningkatkan kualitas tidur.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 7 Makanan Sehat ini Dianjurkan Ahli Gizi


Redaktur : Adil
Reporter : Adil, Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler