Ini Prediksi Dampak PPKM Darurat Pada Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III 2021

Jumat, 09 Juli 2021 – 18:25 WIB
Kemenkeu memprediksi PPKM Darurat akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi, khususnya semester III 2021. Ilustrasi pedagang: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu memprediksikan PPKM Darurat akan menahan laju pertumbuhan ekonomi kuartal III-2021.

"Nanti dampaknya akan terlihat sesignifikan apa di kuartal III,” kata Febrio dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat (9/7).

BACA JUGA: Sri Mulyani Akui Pertumbuhan Ekonomi Bisa Turun, Pemerintah Waspada

Febrio menjelaskan potensi pertumbuhan tertahan bisa terjadi mengingat konsumsi masyarakat terdampak signifikan.

Hal itu terutama pada kelompok pengeluaran terkait transportasi, pakaian, dan rekreasi.

BACA JUGA: Anggaran Kesehatan Naik Lagi, Sri Mulyani: Jadi Rp 193 Triliun

Namun, dampak PPKM Darurat terhadap investasi relatif moderat.

Pasalnya, lebih dari 70 persen investasi Indonesia didominasi dalam bentuk bangunan, sehingga proyek-proyek pembangunan konstruksi masih berjalan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

BACA JUGA: Sri Mulyani: Instruksi Bapak Presiden Akselerasi Bansos Cair Minggu Ini

Kemudian dampak terhadap dunia usaha relatif mix, sektor yang sensitif terhadap mobilitas diperkirakan tertahan, tetapi sektor yang berorientasi ekspor tetap resilient.

“Kita tahu akan terkoreksi, namun kita berharap PPKM Darurat ini menyelamatkan masyarakat dan bisa secara efektif kita lakukan sehingga dampaknya terhadap ekonomi bisa relatif terkontrol,” jelasnya.

Oleh karena itu, dia memastikan pemerintah terus mengakselerasi program vaksinasi yang hingga 8 Juli 2021 telah mencapai 49,48 juta dosis meliputi 34,86 juta dosis vaksinasi pertama dan 14,62 juta dosis vaksinasi kedua.

Tak hanya itu, pemerintah juga turut menerapkan kebijakan pemulihan ekonomi nasional yang adaptif dan responsif dalam membantu masyarakat rentan dan dunia usaha.

“Ini kita tinggal dua kuartal lagi itu satu semester. Kami berharap bisa 3,7 persen hingga 4,5 persen,” ujar Febrio. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler