Ini Saran Fergie Untuk Calon Penggantinya

Jumat, 01 Maret 2013 – 13:58 WIB
BANYAK GELAR: Pelatih Manchester United Alex Ferguson. FOTO: ist
MANCHESTER - Manchester United dan Alex Ferguson adalah dua hal saling terikat erat. MU adalah Fergie, Fergie adalah MU. Anekdot itu muncul karena kesuksesan MU menjadi salah satu klub hebat di dunia berkat polesan Fergie.

Menginjak usia 72 tahun, pelatih yang sudah menangani MU selama 27 musim tersebut dikabarkan bakal segera pensiun. Nah, calon pengganti Fergie tentu memiliki beban ekstraberat untuk meneruskan kedigdayaan MU di Inggris dan Eropa. Namun, Fergie sudah membeberkan kiat-kiat suksesnya menangani MU.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah Twentyfour7 Football, pelatih asal Skotlandia itu mengatakan, karakter pelatih membawa pengaruh besar untuk kesuksesan tim.

"Jangan pernah mengubah diri anda. Lihatlah banyak pelatih yang datang dan mencoba mengubah dirinya. Pekerjaan ini bukan untuk mengubah diri Anda. Tapi bagaimana mengubah tim yang Anda tangani," terang Fergie seperti dilansir lama ESPN.

Imajinasi juga menjadi kata kunci untuk menjadi suksesor sukses bagi dirinya. Fergie menambahkan, dengan struktur organisasi hebat yang dimiliki MU, calon penggantinya tentu memiliki peluang besar untuk meneruskan kesuksesan dirinya.

"Ubahlah tim, filosofi klub ke filosofi Anda. Jangan pernah mengubah siapa Anda. Itu akan menjadi hal yang bagus. Terlihat sederhana karena para pemain mengerti apa yang Anda lakukan dan siapa Anda," tambah pelatih yang menukangi MU sejak 1986 tersebut.

Fergie juga menambahkan jika para pemain senior seperti Ryan Giggs dan Paul Scholes bakal tetap di MU ketika pensiun nanti. Keberadaan mereka bakal menjadi salah satu pemicu kesuksesan MU di masa mendatang. "Giggs dan Scholes bakal tetap berada di klub ini," tegas Fergie. (jos/mas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pertamina Pecat Ramdoo

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler