Ini Skenario Pengangkatan Black Box Besok

Minggu, 11 Januari 2015 – 20:07 WIB
Ilustrasi. FOTO: AFP

jpnn.com - MESKI sudah ditemukan, pengangkatan black box dari dasar laut bukan perkara mudah. Tim penyelam TNI AL akan mengevakuasi alat berwarna orange itu besok pagi (12/1). Selain kerbatasan waktu, lokasi blak box yang terimpit serpihan pesawat juga menyulitkan evakuasi.

Besok, tim penyelam terlebih dulu akan mengangkat serpihan pesawat, baru mengevakuasi black box. Namun, jika serpihan itu sangat sulit untuk digeser, maka skenario lainnya adalah mengangkat serpihan badan pesawat tersebut dengan menggunakan teknik balon seperti yang dilakukan pada ekor pesawat.

BACA JUGA: Black Box AirAsia QZ8501 Terimpit Serpihan Pesawat

“Untuk memudahkan pekerjaan selanjutnya besok pagi, maka tim penyelam TNI AL telah memasang Marker Buoy kecil yang sebelumnya telah disiapkan di KN. Jadayat,” ujar Koordinator Tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tonny Budiono kepada wartawan, Senin (11/1) petang.

Dengan diketemukannya black box AirAsia QZ8501, maka misteri penyebab kecelakaan pesawat yang hendak terbang dari Surabaya ke Singapura itu akan segera diketahui. Sebab semua data terekam di dalam alat tersebut. (eci/mas/jpnn)

BACA JUGA: Bunga Desa Dibekuk Densus 88

BACA JUGA: Penyelam TNI AL Akhirnya Temukan Black Box

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP Beber Alasan Jokowi Pilih Budi Gantikan Sutarman


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler