Ini Tantangan Apoteker Menghadapi Kemajuan Teknologi Kesehatan

Selasa, 14 Februari 2023 – 23:27 WIB
Penggiat literasi kesehatan David Wijaya ingatkan apoteker akan tantangan menghadapi kemajuan teknologi. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Tantangan apoteker di industri farmasi modern makin banyak, mengingat ilmu teknologi dan kesehatan tidak pernah berhenti berkembang.

Selama ini, apoteker tidak hanya meracik obat, tetapi memberi penjelasan mengenai obat-obatan yang akan dikonsumsi pasien.

BACA JUGA: 189 Apoteker Lulusan ISTN Ikuti Sidang Pengambilan Sumpah

Oleh karena itu, para apoteker bisa mengembangkan kemampuan mereka di bidang farmasi lain dengan mengikuti perkembangan zaman.

"Bisa di bidang penunjang lainnya, sehingga eksistensi apoteker bisa dirasakan oleh masyarakat," kata David Wijaya, apoteker lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam keterangannya, Selasa (14/2).

BACA JUGA: Jadi Duta Kesehatan, Faqih Difran Edukasi Masyarakat Melalui Konten di Medsos

David pun berencana meningkatkan beragam literasi untuk para apoteker dalam mengembangkan kemampuannya.

"Saat ini content is the king, itu bukan hanya sebatas konten, tetapi harapannya bisa memberikan beragam kebermanfaatan bagi masyarakat," jelasnya.

BACA JUGA: Influencer Ini Dorong Apoteker Lebih Berinteraksi dengan Masyarakat

David pun mendirikan beragam platform edukasi yang bisa digunakan, seperti Youth Ranger Indonesia (@youthranger.id), Finplan (@finplan.id) dan Bijak Obat (@bijakobat.id).

Platform bijakobat berfokus untuk memberikan informasi seputar kesehatan, khususnya penggunaan obat dan memberikan layanan konseling bersama apoteker secara gratis.

Youth Ranger Indonesia adalah platform kolaborasi untuk mengasah keterampilan dan potensi anak muda dengan beragam proyek untuk membantu mempersiapkan masuk ke dunia kerja.

Platform berikutnya adalah finplan. Melalui platform ini kita bisa belajar mengenai keuangan dengan simpel dan menyenangkan. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler