Ini Tugas Perawat Pendamping MMC Malaysia Bagi Pasien Kanker Payudara

Senin, 19 Juni 2023 – 10:40 WIB
Ini Tugas Perawat Pendamping MMC Malaysia Bagi Pasien Kanker Payudara. Foto: dok. MMC

jpnn.com, JAKARTA - Rumah sakit terbesar di Semenanjung Selatan, Malaysia, Mahkota Medical Centre (MMC) memperkenalkan Program Perawat Pendamping bagi pasien kanker payudara.

Program perawat pendamping merupakan layanan gratis yang ditawarkan kepada semua wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara di MMC.

BACA JUGA: Kombinasi Endokrin & Abemaciclib dapat Persetujuan BPOM, Bisa Jadi Opsi Terapi Kanker Payudara

Perawat pendamping telah dilatih khusus dalam memberikan dukungan pribadi kepada wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara.

Mereka akan mengarahkan sistem perawatan kesehatan yang kompleks, menjawab pertanyaan, dan memberikan dukungan emosional kepada pasien.

BACA JUGA: Air Galon Tak Picu Kanker Payudara, Begini Penjelasan Pakar Kesehatan

Tim interdisipliner termasuk ahli bedah payudara, ahli radiologi, ahli onkologi, ahli patologi, perawat pendamping, koordinator pelayanan perawat, apoteker, ahli fisioterapi, dan ahli diet bekerja sama menawarkan hasil yang optimal.

Ng Li Cheir, perawat pendamping dari MMC mengatakan bahwa tugasnya adalah membimbing pasien dan menjadi teman sepanjang perjalanan kesehatan mereka.

BACA JUGA: Waspada, 3 Makanan dan Minuman Ini Penyebab Timbulnya Sel Kanker Payudara

"Tenaga kesehatan ini didedikasikan untuk memberikan bantuan kepada mereka yang telah didiagnosis menderita kanker payudara," jelas Ng Li Cheir, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Perawat pendamping juga akan membimbing mulai dari pelayanan, perawatan luka payudara, latihan rehabilitasi, kemoterapi, radioterapi, nutrisi, dan pemantauan perawatan lanjutan selama 5 tahun.

Wakil CEO MMC Teo Chin Yee mengatakan program komprehensif ini menjadi pilihan kedua bagi pasien kanker payudara untuk mendapatkan akses perawatan medis sedini mungkin.

"Kami telah belajar melalui studi terbaru yang menunjukkan kanker payudara merupakan kanker paling umum di Indonesia, terhitung 19,2% dari semua kasus kanker di negara ini," ujar Teo Chin Yee.

MMC menjadi rumah sakit swasta pertama di Malaysia, yang diakui oleh Joint Commission International (JCI) untuk Program Perawatan Klinik Kanker Payudara.

Sertifikasi Program Perawatan Klinis Kanker Payudara (CCPC) ini menandai komitmen MMC memenuhi standar internasional dan memberikan perawatan terbaiknya.

"Akreditasi ini merupakan bukti tim ahli interdisipliner MMC, bekerja sama untuk memberikan pendekatan holistik untuk perawatan yang komprehensif dan berkelanjutan," kata Teo Chin Yee. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler