Ini Zat Kimia yang Dilempar ke Wajah Berry Saint Loco

Rabu, 30 Oktober 2013 – 19:13 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Vokalis band Saint Loco Berry Manoch mendapat "hadiah" cairan ke wajah usai manggung di lapangan Rampal, Kota Malang, Sabtu (26/10) malam. Dari hasil pemeriksaan dokter di Malang, Berry terkena zat kimia bernama Natrium hidroksida (NaOH).

"Tadi pagi baru SMS sudah dicek, namanya zatnya NaOH," kata Iwan, gitaris Saint Loco di Rumah Sakit Graha Kedoya, Jakarta Barat, Rabu (30/10).

BACA JUGA: Alika tak Khawatir Senasib Berry Saint Loco

Dalam situs Wikipedia dijelaskan, NaOH dikenal sebagai soda kaustik atau sodium hidroksida. Merupakan basa yang paling umum digunakan dalam laboratorium kimia. Zat ini kebanyakan digunakan sebagai basa dalam proses produksi bubur kayu dan kertas, tekstil, air minum, sabun dan deterjen.

Natrium hidroksida murni berbentuk putih padat dan tersedia dalam bentuk pelet, serpihan, butiran ataupun larutan jenuh 50%. Ia bersifat lembab cair dan secara spontan menyerap karbon dioksida dari udara bebas.

BACA JUGA: Foto Pra-Wedding, Jupe Tampil Bak Putri Duyung

NaOH sangat larut dalam air dan akan melepaskan panas ketika dilarutkan. Larutan natrium hidroksida akan meninggalkan noda kuning pada kain dan kertas.

Jessica, dokter bedah mata yang menangani Berry mengungkapkan, memang ada lecet pada mata tapi tidak akan menimbulkan kebutaan. Air mata yang terus keluar itu karena selaput bening matanya bermasalah.

BACA JUGA: Sebelum Nikah, Jupe Gelar Pengajian

"Tindakannya sih observasi, kita kasih lensa kontak sehingga tidak terlalu sakit," terangnya.

Sementara Intan, Dokter bedah plastik mengungkapkan, sampai saat ini kondisi Berry stabil. Beberapa lukanya sudah tertutup kulit, meskipun belum ada perlakuan operasi bedah plastik. (abu/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jonas Rivanno Bantah Mualaf dan Nikahi Asmirandah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler