Ini 5 Cara Mendaftar Asuransi Kendaraan lewat Jalur Online

Selasa, 23 November 2021 – 06:28 WIB
Puluhan mobil sedan Mercedes-Benz yang terparkir di parkiran Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Rabu (1/3). Ilustrasi Foto: Elfany Kurniawan

jpnn.com - Cara mendaftar asuransi mobil zaman sekarang seharusnya lebih  mudah dengan adanya jaringan internet.

Jika perusahaan asuransi masih menyulitkan Anda untuk mendaftar, bayar premi, dan klaim asuransi, maka sudah saatnya pindah.

BACA JUGA: 7 Premi Bisnis Asuransi Jasindo ini Mengalami Kenaikan

Sebelum pindah, baca dulu lima langkah daftar asuransi kendaraan yang termudah di bawah ini.

1. Cari Tahu Informasi Tentang Asuransi Kendaraan yang Cocok

BACA JUGA: IFG Didorong Kembalikan Kepercayaan Masyarakat Akibat Kasus Gagal Bayar Asuransi

Jangan semata-mata mengikuti jejak teman Anda yang menawarkan asuransi kendaraan tanpa melakukan riset lebih dulu.

Bisa jadi teman Anda mendapatkan “harga khusus” karena privilege dari kantornya. Bisa juga teman Anda mendapatkan program/penawaran khusus dari sales di perusahaan tersebut atau, ada kemungkinan menjadi sales dari perusahaan asuransi tersebut.

BACA JUGA: Vanessa Angel Ternyata Persiapkan Asuransi, Doddy Sudrajat Menangis

Oleh karena itu lebih baik melakukan riset mendalam dan cari tahu informasi jenis asuransi kendaraan yang cocok untuk Anda dan perusahaan mana saja yang menyediakan opsi terbaik dan paling baru perihal asuransi kendaraan.

2. Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel dan Bonafit

Kuncinya adalah memercayakan mobil Anda kepada perusahaan yang kredibel dan bonafide. Kenapa harus kredibel dan bonafide? Karena perusahaan ini sudah terbukti dengan rekam jejak yang terbukti dan mendapat kepercayaan tinggi dari konsumen seluruh Indonesia.

Ciri-ciri perusahaan kredibel dan bonafit adalah yang melek digital. Coba cek perusahaan seperti Jasindo, Avrist, Chubb, Autocillin, Garda Oto, ACA, Himalaya dan lain sebagainya. Coret perusahaan yang tidak menyediakan opsi proses pendaftaran asuransi secara online.

Kenapa harus daftar online? Karena waktu itu berharga, kenapa harus mempersulit dan memperlama proses daftar asuransi mobil? Padahal, mobil itu salah satu barang yang membutuhkan asuransi dan tidak boleh ditunda-tunda.

3. Pilih Jenis Asuransi yang Cocok Dengan Kondisi Mobil

All Risk dan TLO (Total Loss Only) adalah jenis asuransi paling umum di Indonesia. Apakah Anda sudah tahu mana jenis yang paling cocok dengan kondisi mobil sekarang?

Hal ini perlu jadi pertimbangan segera, jangan sampai salah pilih jenis karena bisa menyebabkan kerugian di masa mendatang.

Untuk meminimalkan kerugian dan risiko salah memilih jenis asuransi, maka sebaiknya pengendara menggunakan rumus ini:

- Berdasarkan umur. Memiliki mobil yang umurnya di bawah 10 tahun? Pilih All Risk daripada menanggung risiko. Mobil di atas 10 tahun? Pilih TLO saja karena All Risk terlalu mahal

- Berdasarkan domisili. Tinggal di kota yang tingkat kriminalnya tinggi? Pilih TLO karena apabila musibah kehilangan mobil terjadi, kerugian bisa tertutup oleh pihak asuransi. Namun, pastikan mobilnya hilang, bukan rusak.

- Berdasarkan kepadatan jalan. Makin padat jalan raya, maka tinggi risiko mobil lecet atau mengalami kecelakaan minor karena kendaraan lain yang ugal-ugalan. Di kondisi ini asuransi All Risk lebih ideal daripada TLO.

- Berdasarkan budget/harga mobil. Kendaraan Anda mahal meskipun keluaran tahun lama? Jangan ambil risiko, asuransi All Risk adalah yang terbaik karena mengcover semua kecelakaan dari A-Z.

4. Siapkan Dokumen Dasar untuk Proses Pendaftaran

Beberapa dokumen yang patut Anda siapkan adalah sebagai berikut:

- Form daftar asuransi

- Salinan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

-Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

- Salinan Surat Izin Mengemudi (SIM)

- NPWP atau SIUP

Catatan: untuk asuransi yang menyediakan opsi pendaftaran online (contoh: Traveloka Protect) tidak memerlukan dokumen sebanyak itu.

Anda hanya perlu menyiapkan STNK/BASTK untuk bisa mendapatkan approval asuransi kurang dari 24 jam.

5. Baca Polis Asuransi dan Bayar Premi Secara Rutin

Jika Anda menggunakan asuransi Traveloka yang bekerja sama dengan PT Asuransi Adira Dinamika, polis asuransi akan Anda terima lewat e-mail beserta dengan sertifikatnya.

Tugas Anda adalah membaca dan memahaminya supaya tidak ada kendala saat melakukan klaim asuransi di kemudian hari.

Penutup

Itu dia lima langkah simpel cara daftar asuransi mobil. Dengan teknologi sekarang, sudah seharusnya perusahaan asuransi menerapkan sistem online dari hulu ke hilir mulai dari proses pendaftaran, polis, bayar premi, dan klaim asuransi. Traveloka Protect sudah menjalani semuanya lewat Traveloka App. (flo/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler