Inilah 16 Klub Babak Play Off Liga 2

Senin, 18 September 2017 – 08:20 WIB
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dari total 61 klub peserta Liga 2, 37 di antaranya terdegradasi musim ini.

Nah, dari sekian klub tersebut, ada 16 klub yang diberikan kesempatan kedua untuk terhindar dari degradasi dalam babak playoff yang akan diselenggarakan mulai 8 Oktober mendatang.

BACA JUGA: Saat-Saat Bersejarah, All Indonesian Final di Korea Open

Manajer Kompetisi PT LIB (Liga Indonesia Baru), Asep Saputra mengatakan, babak yang cukup krusial dan diprediksi akan berlangsung panas dan ketat itu akan menggunakan sistem home turnamen dengan seluruh klub dibagi kedalam empat grup.

"Besok (hari ini, Red) kami akan melakukan drawing untuk pembagian grupnya," kata Asep.

BACA JUGA: Thailand Kembali Berjaya di Piala AFF U-18

Klub-klub yang mendapat kesempatan kedua tersebut, terdiri para klub yang menduduki peringkat 3 dan 4 klasemen akhir babak penyisihan grup lalu (lihat daftar klub di bawah).

Mereka harus berjibaku untuk merebut 5 jatah tiket untuk bertahan di Liga 2 musim depan, alias tidak terdegradasi ke kasta ketiga piramida kompetisi tanah air.

BACA JUGA: Kalah Besar, Begini Kata Pelatih Myanmar

Nah, lima jatah tiket tersebut, adalah juara dari masing - masing grup secara otomatis akan tetap bertahan di kompetisi Liga 2 musim depan.

Sementara satu tiket sisa lainnya akan menjadi milik klub yang keluar sebagai runner up terbaik. Lima klub tersebut akan bersama tiga tim promosi dari Liga 3 akan melengkapi 16 klub saat ini untuk menjadi peserta Liga 2 musim depan.

Dalam perkembangan yang sama, manajemen Persewangi Banyuwangi sudah berada di Jakarta untuk menlgikuti drawing tersebut. Mereka hadir karena secara resmi diundang oleh pihak operator.

Kehadiran pihak Persewangi itu sekaligus mengakhiri kontroversi terkait tim mana yang akan menemani Persik Kediri dari grup 6 untuk berlaga di babak playof itu.

"Kami sudah berada di Jakarta dan siap untuk mengikuti drawing. Kami tidak kaget dengan kesempatan ini, karena kami sudah mengetahuinya sejak awal," kata Hari Wijaya, manajer Persewangi.

"Jadi, apa sudah diputuskan oleh Liga ini sudah benar, karena sudah sesuai dengan regulasi," bebernya.

Di sisi lain, manajemen PSBK Blitar masih merasa belum puas dengan keputusan Liga tersebut. Dengan begitu, mereka berencana untuk tetap hadir dalam drawing itu dengan membawa surat protes kepada Liga.

"Kami belum bisa menerima keputusan dari Liga yang tidak memasukan kami sebagai peserta babak playof. Kami akan protes," keluh Yudi Meira, manajer PSBK.

Seperti yang diketahui, Persewangi dan PSBK sama - sama mengoleksi poin sama di kalsemen akhir babak penyisihan grup 6.

Namun, Liga memutuskan Persewangi sebagai peserta babak playof tersebut karena mereka lebih unggul selisih gol dari PSBK.

Regulai selisih gol digunakan lantaran kedua dalam head to head, kedua tim saling mengalahkan. (ben)

Peserta Babak Playoff Liga 2

Grup 1

Persiraja Banda Aceh

PS Bangka

Grup 2

Perserang Serang

Persika Karawang

Grup 3
PSCS Cilacap
PSGC Ciamis

Grup 4
PSIR Rembang
Persipur Purwodadi

Grup 5
PSIM Jogjakarta
Persepam Madura

Grup 6
Persik Kediri
Persewangi Banyuwangi

Grup 7
Celebest FC Palu
Persekam Metro Malang

Grup 8
Perseka Kaimana
Yahukimo FC

BACA ARTIKEL LAINNYA... Begini Cara Romelu Lukalu Balas Olok-Olok Fan Everton


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler