Inilah 5 Ide Bisnis untuk Kalangan Milenial dan Gen Z

Kamis, 31 Maret 2022 – 12:45 WIB
Ide bisnis milenial bisa dibantu dengan kemajuan teknologi digital. Foto: dok Majoo

jpnn.com, JAKARTA - Saat ini ide bisnis untuk milenial dan Gen Z tidak jauh dari bidang teknologi atau digital.

Kemajuan teknologi memang memiliki dampak positif dan negatif bagi generasi milenial dan gen z.

BACA JUGA: 5 Ide Bisnis Kuliner Online yang Paling Laris, Coba Yuk!

Tak sedikit yang mencibir bahwa generasi muda sekarang ini sulit sukses karena dimanjakan oleh teknologi padahal bagi mereka justru bisa dimanfaatkan menjadi ide bisnis yang pasti menguntungkan.

Bagi milenial dan Gen Z, teknologi telah menjadi bagian kehidupannya sehingga beberapa keunggulan juga didapatkan seperti lebih mudah menyerap dan menggunakan teknologi, mampu menyesuaikan pekerjaan dengan passion, lebih open minded dan berani membuat sistem baru sehingga muncul peluang-peluang baru.

BACA JUGA: Erick Thohir Dinilai Sosok Inspiratif Bagi Milenial, Layak Jadi Presiden

Nah, apa sih ide bisnis untuk milenial dan Gen Z? sebelumnya kamu harus tahu apa sih generasi milenial dan Gen Z.

Dari rangkuman berbagai sumber milenial merupakan generasi yang lahir tahun 1980an.

BACA JUGA: Generasi Milenial Berkontribusi Percepat Transisi Energi

Milenial adalah generasi yang lahir antara 1981 hingga 1996. Generasi yang sering disebut juga Gen Y ini tumbuh dibarengi dengan berkembangnya teknologi. Sedangkan Gen Z mereka yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012.

Dari ukuran generasi tersebut, maka apa sih ide bisnis untuk milenial dan Gen Z yang pasti menguntungkan:

1. Web Developer

Web developer merupakan pekerjaan yang bertugas untuk membuat berbagai website atau aplikasi  dengan bahasa pemrograman.

Biasanya dibutuhkan oleh start up, toko online, bahkan perusahaan berskala besar.

Pekerjaan ini menjadi sangat potensial karena teknologi digital terus berkembang. Semua bisnis berlomba-lomba untuk menggunakan sistem digital.

Begitu juga para pelaku bisnis yang kini menggunakan beberapa aplikasi pendukung untuk menjalankan usahanya.

Tak bisa dipungkiri dengan adanya website atau aplikasi sangat memudahkan para penggunanya baik itu pelaku bisnis maupun konsumen.

Contohnya aplikasi kasir majoo yang memiliki fitur lengkap.

Saat ini majoo menjadi software toko terbaik yang banyak digunakan ritel dan toko online.

2. Web designer

Ide bisnis selanjutnya adalah menjadi web designer. Masih terkait dengan teknologi maka tiga komponen pokok dari informatika teknologi adalah, web develepor, web design, web konten. 

Tidak heran jika banyaknya aplikasi yang digunakan zaman sekarang menciptakan pekerjaan web design.

Pekerjaan ini biasanya fokus pada hal yang berkaitan erat dengan estetika website, misalnya keseimbangan warna, tipografi, ilustrasi, dll.

Siapa goal kliennya? Bisa dibilang semua bisnis dan perusahaan yang membuat website ataupun aplikasi membutuhkan tenaga web design karena pekerjaan ini berkaitan erat dengan tampilan perusahaan di ranah online.

Dengan kata lain, web design memiliki peranan untuk menciptakan atau menancapkan branding pada era digital seperti jaman sekarang ini.

Terdapat dua tanggung jawab utama seorang internet designer, yaitu merancang konsep website, baik format maupun visual dan mengeksekusi konsep layout visual ke HTML dan CSS.

Untuk bisa bekerja dalam bidang ini maka, seorang web design harus memiliki kemampuan HTML dan CSS, bahasa pemrograman, seperti JavaScript, aplikasi desain, seperti Photoshop, Framework CSS, Debugging, Visible layout, Consumer enjoy (UX), Seo, CMS, dan lain-lain

Potensi penghasilan di bidang web design bisa mencapai Rp5-7 juta per bulan.

Namun, bila menjadi web designer pada perusahaan besar bisa mengantongi belasan juta rupiah setiap bulan.

3. Content Writer

Ide bisnis untuk millennial selanjutnya adalah content writer. Seperti yang tadi dijelaskan makin banyak website atau aplikasi di era digital.

Hal tersebut tentu diikuti semakin banyaknya tenaga web developer, web design, dan tentu content writer sebagai pengisi website atau aplikasi.

Content writer merupakan profesi yang fokus membuat konten, termasuk konten untuk tujuan bisnis. Contohnya, foto, artikel, infografis, ebook, video, dll.

Pekerjaan ini sangat menjanjikan karena dipastikan setiap bisnis memerlukan sebuah konten untuk menggapai para konsumennya.

Baik untuk branding, meningkatkan pengunjung, meningkatkan engagement, dan masih banyak lagi.

Ide bisnis content writer ini cocok untuk milenial dan gen z. Bedanya dengan social media control adalah content creator dapat membuat konten untuk platform yang lebih luas, salah satunya website.

Untuk dapat menjadi content writer maka kamu harus menguasai beberapa keahlian atau ilmu dasar, seperti menguasai strategi content material marketing, bisa mengembangkan ide secara kreatif, memiliki kemampuan riset yang baik, memahami purchaser character, dapat memanfaatkan SEM, mengetahui dasar electronic mail advertising and marketing, dapat memaksimalkan search engine optimization dan menulis sebuah artikel

Peluang penghasilan dari seorang content writer sangatlah beragam. Biasanya tergantung dari perusahaan apa yang sedang ditangani.

Misalnya, konten video tentunya berbeda dengan e-book, karena beban tugasnya juga berbeda.

4. Blogger

Ide bisnis selanjutnya adalah blogging. Selain jam kerja yang fleksibel, nge-blog juga cocok untuk Milenial dan Gen Z karena pembahasan dalam blog dapat disesuaikan dengan passion atau keinginan.

Misalnya, weblog kuliner, fashion, tour, dll. Bekerja sekaligus menekuni hal yang disukai, pasti akan memperoleh hasil yang luar biasa.

Ketika mereka bekerja atas rasa suka maka tidak ada beban dalam bekerja, bahkan mungkin mereka tenggelam untuk memberikan yang terbaik.

Ide bisnis menjadi blogger yang fleksibel

Untuk menjadi blogger sukses, intinya blog kamu harus memiliki jumlah pembaca yang banyak dan tetap.

Nah, agar bisa menjadi seorang bloger maka ada beberapa pengetahuan yang harus kamu kuasai, di antaranya kemampuan menulis, pengetahuan CMS, memiliki ide-ide segar dan kreatif, memahami seo, dapat melakukan riset keyword, paham menggunakan tools pendukung, seperti Google Analytics, Google ads, dan Up to date.

Dari mana blogger mendapatkan penghasilan?

Sekilas pasti dipertanyakan, masa hanya menulis di blog bisa dapat uang padahal, blogger dapat memiliki beberapa channel pemasukan lho, yaitu Google Adsense, Endorsement, kolaborasi dengan brand yang sesuai dengan isi blog

5. Vlogger

Salah satu ide bisnis untuk milenial dan gen z adalah menjadi seorang Vlogger. Istilah ini pun baru lahir beberapa tahun belakangan yang merupakan sebuah profesi baru yang muncul akibat teknologi video yang semakin mudah.

Vlogger menjadi ide bisnis potensial pastinya tahu dong profesi yang satu ini? Vlogger adalah salah satu konten kreatif yang berfokus dalam membuat video weblog sebagai kontennya.

Alasan vlogger menjadi salah satu ide bisnis Milenial dan Gen Z yang menggiurkan karena prosesnya tidak begitu sulit, fleksibel, ide konten tidak terbatas, modal minim dan penghasilan yang menjanjikan.

Di samping itu, milenial juga bisa memanfaatkan platform YouTube untuk menjadi media vlog kamu.

Apabila sudah memiliki banyak pengguna bisa menargetkan visitors sesuai niche vlog kamu.

Wah, mantap ya. Jika tertarik menjadi vlogger, ada beberapa hal yang harus kamu kuasai, yaitu algoritma YouTube,  YouTube ads, Search engine optimization YouTube, YouTube Analytics dan Aplikasi edit video.

Penghasilan utama vlogger memang dari iklan komersil yang dipasang di video. Namun, kamu bisa berkesempatan cuan lebih banyak dengan menjual products, endorsement, kolaborasi, dll.

Itulah 5 ide bisnis untuk milenial dan gen z yang pasti mendatangkan cuan. Meski demikian, masih banyak lagi ide bisnis lain seperti endorse produk, design pakaian, toko online, dan lain-lain. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler