Inilah 5 Manfaat Kopi, Ada soal Panjang Umur

Selasa, 17 Agustus 2021 – 12:56 WIB
Visualisasi Kopi dengan es, Foto : Pinterest

jpnn.com - Kopi saat ini menjadi minuman pilihan banyak kalangan di berbagai kesempatan setiap hari.

Ada dua jenis utama biji kopi yaitu arabika dan robusta. Rasa kopi tergantung di mana ditanam dan ketinggian saat penanaman.

BACA JUGA: 4 Bahaya Minum Kopi Berlebihan, Yuk Kenali Tandanya

Bagaimana dengan manfaat kopi? Ada 5 manfaat kopi bagi kesehatan. Berikut manfaat kopi seperti yang dilansir oleh BBC.

 

BACA JUGA: Waduh, Jangan Konsumsi 6 Makanan Ini Saat Anda Minum Kopi, Bahaya Lho

 

1. Membantu Anda hidup lebih lama

BACA JUGA: 6 Manfaat Minum Kopi Campur Madu, Bisa Bantu Cegah Impotensi Pria Lho

Penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa minum tiga cangkir kopi per hari bisa memperpanjang umur dengan menurunkan risiko kematian.

Terutama risiko dari beberapa kondisi termasuk penyakit jantung.  Namun, mekanisme dan efek pengaruh kopi terhadap penuaan belum sepenuhnya dipahami dan diperlukan lebih banyak penelitian.

 

2. Meningkatkan energi dan kinerja

Kopi bisa membantu sebagian orang menjaga kewaspadaan dan tingkat energi berkat kandungan kafeinnya.  Saat dikonsumsi, kopi diserap ke dalam aliran darah dan berjalan ke otak dan membangkitkan neuron tertentu yang bisa meningkatkan memori, suasana hati, energi, dan fungsi kognitif, terutama bila diminumi dalam jumlah sedang. 

Laporan lain menyarankan minum kopi sebelum berolahraga bisa mengurangi tingkat pengerahan tenaga dan berpotensi meningkatkan kinerja atletik.

 

3. Meningkatkan metabolisme

Temuan penelitian lain menunjukkan bahwa kafein meningkatkan manajemen berat badan melalui peningkatan tingkat metabolisme dan membakar lemak. 

Oleh karena itu, para peneliti berspekulasi bahwa kafein mungkin menjanjikan dalam pengobatan obesitas, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

 

4. Mendukung fungsi otak

Ada banyak penelitian yang meneliti hubungan antara minum kopi dan perlindungan terhadap penyakit neurodegeneratif seperti demensia dan Alzheimer.

Temuan hingga saat ini tidak konsisten dan diperlukan penelitian yang lebih besar dengan periode tindak lanjut yang lebih lama.  .

 

5. Membantu keseimbangan gula darah

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa kopi, pada tingkat sedang, bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan. 

Akibatnya, masih ada beberapa perdebatan tentang kesesuaian kopi untuk penderita diabetes tipe 2.

Apakah kopi aman untuk semua orang?

Kandungan kafein dalam kopi adalah stimulan yang memberi reaksi berbeda terhadap setiap orang. 

Minum dalam jumlah tinggi, misalnya lebih dari enam cangkir, bisa menyebabkan agitasi dan kecemasan pada beberapa orang. 

Orang yang sensitif terhadap kafein atau yang minum banyak minuman berkafein bisa melaporkan pusing, gemetar, dan ketidakmampuan untuk tidur nyenyak.Faktor-faktor yang memengaruhi seberapa baik Anda memproses kafein mencakup gen, usia, jenis kelamin, apakah Anda kelebihan berat badan atau perokok, atau memiliki penyakit liver, semua harus sesuai dengan kadar dan kelayakan kondisi tubuh Anda. (mcr13/jpnn)


Redaktur : Natalia
Reporter : Gigih Sergius Agasta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler