Inilah Beberapa Tragedi di Puncak Musim Haji

Jumat, 25 September 2015 – 10:27 WIB
Foto: Saudi Civil Defence Agency

jpnn.com - PERISTIWA memilukan kembali mewarnai puncak penyelenggaraan haji. Lebih dari 700 jemaah haji wafat akibat berdesak-desakan saat bergerak menuju tempat melempar jumroh, Kamis (24/9).

Namun, peristiwa yang menewaskan banyak jemaah haji saat bukan kali ini saja terjasi. Setidaknya ada beberapa peristiwa yang juga mengakibatkan jemaah haji tewas.

BACA JUGA: Kesaksian Jemaah yang Selamat dari Kamis Berdarah di Mina, Mana Pengamanan?

Apa saja itu? Berikut ini adalah sejumlah peristiwa-peristiwa terburuk dalam sejarah musim haji;

2006: Lebih dari 360 jemaah tewas ketika saling dorong untuk melempar jumroh. Dua di antaranya merupakan jemaah haji asal Indonesia.

BACA JUGA: 2 Jemaah Indonesia yang Meninggal di Mina Berhasil Diidentifikasi

Masih di tahun 2006, sehari sebelum rangkaian haji dimulai juga ada 73 orang tewas. Penyebabnya karena gedung pemondokan haji setinggi delapan lantai yang masih dalam tahap pembangunan runtuh.

2004: Desak-desakan jemaah haji di Mina menewaskan 244 orang. Peristiwa yang terjadi saat puncak pelaksanaan ibadah haji itu juga menyebabkan ratusan orang terluka.

BACA JUGA: Kesaksian Jamaah asal Indonesia, Banyak Mayat Digotong ke Arah Jembatan

2001: Lagi-lagi sebuah rombongan besar jemaah yang berdesak-desakan pada puncak haji di Mina menewaskan 35 orang.

1998: Sekitar 180 orang jemaah meninggal ketika terjadi kepanikan akibat desak-desakan saat melintasi jembatan menuju lokasi melempar jumroh. Beberapa jemaah sampai terjatuh melewati dinding pembatas.

1997: Paling tidak 340 jemaah tewas akibat kebakaran tenda di Mina. Selain itu, api yang disertai angin kencang menyulitkan pemadaman sehingga 1500 orang mengalami luka-luka.

1994: Sekitar 270 jemaah haji juga saat ritual untuk lempar jumrah.

1990: Peristiwa ini manjadi catatan terkelam dalam sejarah haji. 1426 jemaah haji meninggal akibat desak-desakan di dalam terowongan Mina.(thegulf/ara/JPG/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Data Sejumlah Insiden yang Pernah Terjadi di Mina


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler