Inilah Hasil Evaluasi Panglima TNI dan Kapolri soal Demo 4 November

Sabtu, 05 November 2016 – 22:44 WIB
Kerusuhan dan bentrok antara aparat keamanan dengan massa demonstran di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Jumat (4/11) malam. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ratusan personel Polri dan TNI kembali berkumpul di kawasan silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/11) siang.

Sebelumnya mereka mengamankan unjuk rasa Aksi Bela Islam II yang berlangsung Jumat (4/11). Unjuk rasa untuk menuntut Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama diadili itu memang berakhir ricuh.

BACA JUGA: Pedemo: Terima Kasih Bapak Tentara

Aparat pun berjaga terus hingga suasana kondusif. Massa pun berangsur bubar.

Karenanya dalam apel di Monas siang tadi, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengucapkan teruma kasih kepada anak buahnya dan personel Polri yang menjaga keamanan selama proses unjuk rasa kemarin.

BACA JUGA: Siap-Siap, Polisi Bidik Aktor Kericuhan Demo 4 November

"Saya dengan Pak Kapolri menyampaikan terima kasih mewakili polisi di seluruh Indonesia dan prajurit TNI yang ada di seluruh Indonesia termasuk yang ada di sekitar Jakarta. Utamanya yang dikumpulkan di Monas,” ucap Gatot.

Petinggi TNI kelahiran Tegal, Jawa tengah itu sekaligus mewaili Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan rasa terima kasih atas kinerja aparat. Sebab, suasana tetap terkendali meski sempat rusuh.

BACA JUGA: Jokowi Singgung Aktor Politik, #KudetaGagal Jadi Trending Topic

“Sampai dengan bakda isya semuanya berjalan lancar, aman, tertib seperti apa yang saya dan Kapolri prediksi bahwa ‎yang berdemonstrasi ini adalah warga negara Indonesia yang baik-baik semuanya sesuai dengan konstitusi, dengan aturan hukum, mereka melakukan semuanya terbukti dengan tertib," ucapnya.

Sementara Tito mengatakan bahwa pengamanan kemarin membuktikan Polri dan TNI sangat solid untuk menghadapi kelompok-kelompok yang melakukan pelanggaran hukum.

"‎Demonstrasi tidak dilarang karena memang aturan hukum memperbolehkan. Tapi dari analisis kami dengan Panglima TNI, kami melihat ada memang elemen yang sengaja. Kita lihat dari siang semuanya tertib, ada orasi semuanya tertib,” kata dia.(elf/JPG)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Habib Rizieq Pimpin Doa, Tiba-Tiba Ada Gas Air Mata


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler