Inilah Instansi Paling Banyak Diincar Pelamar CPNS 2024

Sabtu, 14 September 2024 – 06:12 WIB
PPPK boleh ikut mendaftar seleksi CPNS 2024. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - BATAM – Jumlah pelamar CPNS 2024 di lingkup Pemkot Batam, Provinsi Kepulauan Riau, hingga 10 September 2024 pukul 23.59 WIB, tercatat 2.861 orang.

Data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDM) Kota Batam menunjukkan formasi yang paling banyak diminati pelamar CPNS 2024 di daerah itu yaitu Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), yakni mencapai 424 pendaftar.

BACA JUGA: Persaingan Ketat, Ini Jumlah Pelamar CPNS 2024 dan Formasinya

"Total pelamar CPNS untuk Pemkot Batam sebanyak 2.861 dengan formasi paling banyak peminat di BPKAD sebanyak 424 pendaftar," ujar Kepala BKPSDM Kota Batam Hasnah di Batam, Jumat (13/9).

Sementara untuk pelamar penyandang disabilitas, pihaknya sudah menerima dua orang pendaftar.

BACA JUGA: Jumlah Pelamar CPNS 2024 dan Total Formasi, Silakan Bandingkan

"Sudah ada dua pelamar dari penyandang disabilitas yang memiliki disabilitas fisik," ujar dia.

Pada tahun ini Pemkot Batam membuka dua formasi untuk penyandang disabilitas pada Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

BACA JUGA: Sebegini Jumlah PPPK yang Berani Mendaftar Seleksi CPNS 2024, Wouw

Dia menjelaskan, kebijakan seleksi CPNS 2024 terdapat penekanan khusus pada formasi untuk penyandang disabilitas dan lulusan cumlaude.

Dalam Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 320 Tahun 2024 terdapat formasi khusus untuk penyandang disabilitas dengan alokasi dua posisi di Kota Batam.

Sementara untuk lulusan cumlaude, Pemkot Batam menetapkan empat formasi khusus.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid mengatakan dari 86 formasi CPNS yang tersedia, formasi teknis paling banyak.

"Teknis memang paling banyak (dibuka). Kesehatan dan guru beberapa tahun sebelumnya sudah menjadi prioritas dan juga sudah banyak, dan ini formasi yang keluar dari pusat adalah teknis di dinas-dinas. Yang memang saat ini tenaga teknis kita itu memang sangat kurang. Jadi formasi tahun ini banyak ke teknis, sesuai kebutuhan kita," ujar Jefridin.

Jefridin menyampaikan bahwa para peserta seleksi CPNS tidak dipungut biaya apapun, pada seluruh tahapan. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler