Inilah Lima Poin Penting Kemenangan Italia Lawan Austria, Apa Saja ya?

Minggu, 27 Juni 2021 – 09:06 WIB

jpnn.com, LONDON - Italia harus bersusah payah untuk bisa lolos ke perempat final EURO 2020 usai meladeni pertarungan hebat dengan Austria di Stadion Wembley, London, Minggu (27/6) dini hari WIB.

Dua pemain pengganti Gli Azzurri, yaitu Federico Chiesa dan Matteo Pessina mencetak gol di babak pertama perpanjangan waktu, sementara pemain Austria Sasa Kalajdzic bikin satu gol hiburan jelang laga usai.

BACA JUGA: Italia Singkirkan Austria, Bapak dan Anak Cetak Sejarah

Skuad asuhan Roberto Mancini memang lebih diunggulkan di laga ini, tetapi mereka menemui kesulitan menembus rapatnya lini belakang Austria.

Ciro Immobile sempat memiliki peluang bikin gol, tetapi sayang bola masih membentur tiang gawang. Kiper Austria Daniel Bachmann tampil gemilang dengan menggagalkan upaya Nicolo Barella dengan blok yang luar biasa.

BACA JUGA: Jelang Belanda vs Ceko, Berikut Statistik serta Head to Head yang Perlu Diketahui

Meskipun secara kualitas pemain Italia jelas lebih baik dibanding Austria, tetapi di atas lapangan permainan kedua tim berimbang,

Gli Azzurri akhirnya bisa memecah kebuntuan lewat Chiesa memanfaatkan umpan silang Leonardo Spinazzola, ia kemudian melepaskan tembakan dari sudut sempit.

Sepuluh menit berselang giliran Pessina yang menambah keunggulan Italia dan memastikan tempat di perempat final EURO 2020, meskipun gol dari Kalajdzic sempat membuat mereka panik.

Selanjutnya Italia akan menghadapi pemenang Portugal vs Belgia di perempat final yang rencananya bakal digelar di Munich Jum'at depan. Berikut lima poin penting dalam pertandingan Italia kontra Austria

1. Pergantian Pemain yang Pas

Menurunkan line up terbaik, Italia harus berjuang keras menembus pertahanan Austria. Gli Azzurri sampai harus memasukan darah segar guna lebih mengancam gawang lawan.

Jadilah mereka memasukan Matteo Pessina dan Federico Chiesa di babak kedua. Chiesa akhirnya membuka keunggulan Italia lewat golnya di menit ke-95 perpanjangan waktu, kemudian dilengkapi oleh gol Pessina sepuluh menit berselang.

2. Var Menggagalkan Gol Austria

Striker Austria Marko Arnautovic sempat mencetak gol ke gawang Italia pada menit ke-65, tetapi kegembiraan pemain Austria harus terhenti saat wasit menganulir gol tersebut setelah meninjau ulang Video Assistant Referee alias VAR.

Tayangan ulang menunjukan Arnautovic sedikit lebih maju dari bek Italia terakhir saat mengejar bola. Alhasil, skor tetap sama kuat 0-0.

3. Kepercayaan Diri Federico Chiesa

Winger Juventus ini sepertinya bukan pilihan utama pelatih Italia Roberto Mancini, tetapi ketika diberi kepercayaan tampil, sang pemain tak jarang tunjukan performa gemilang.

Bisa dilihat dari proses gol yang terjadi, setelah menerima umpan dari Spinazzola, sang pemain tidak buru-buru melepaskan tembakan. Chiesa memilih untuk menahan bola sebentar sebelum melesatkan tendangan ke sudut sempit gawang Austria.

4. Austria Harus Bangga dengan Penampilan Mereka

Ini adalah kali pertama Austria bermain di fase gugur EURO, dan mereka sanggup memaksa salah satu tim kuat Eropa, yakni Italia main hingga babak tambahan waktu.

Austria membentuk lini pertahanan yang solid di pertandingan tadi, serta tidak membiarkan Gli Azzurri mendominasi permainan. Mereka juga tak jarang melancarkan serangan balik berbahaya yang mengancam gawang Italia.

Kualitas Italia akhirnya terlihat di laga ini sehingga mereka mampu memenangi laga, tetapi The Das -julukan Timnas Austria- sudah menampilkan permainan bagus di laga tadi.

5. Italia Akhirnya Kebobolan di EURO 2020

Setelah menjalani tiga laga fase grup tanpa kebobolan, gawang mereka akhirnya jebol oleh pemain Austria Sasa Kalajdzic di menit ke-114 tambahan waktu.

Hal ini menunjukan jika Italia membangun kekuatan dimulai dari lini belakang. Kini mereka harus lebih siap lagi untuk menghadapi tim yang lebih eksplosif seperti Portugal, Prancis atau bahkan Belgia.(mcr15/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler