Inilah Sejumlah Tanda Bayi Anda Sedang Sakit

Rabu, 02 Agustus 2017 – 16:30 WIB
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - Salah satu kesulitan dalam perawatan bayi adalah mengetahui apakah bayi Anda sehat atau tidak.

Bayi tidak bisa memberi tahu kita apa yang mereka rasakan. Jadi kita harus mengandalkan pada reaksi tubuh mereka. Untungnya, bayi selalu memberikan tanda-tanda bila tidak sehat.

BACA JUGA: Indahnya Nama Anak Kedua Ayu Dewi, Ternyata Ini Arti Sebenarnya

Berikut ini beberapa tanda bayi Anda sedang sakit, seperti dilansir laman Sheknows, Selasa (1/8).

1. Demam

BACA JUGA: Pencari Ikan Tewas di Sampan

Demam itu sendiri bukanlah penyakit, melainkan respons bayi terhadap penyakit, paling sering merupakan infeksi.

Hubungi dokter jika bayi Anda berusia kurang dari tiga bulan dan memiliki suhu rektum di atas 37 C atau jika bayi Anda berusia antara 3 dan 6 bulan dan memiliki suhu di atas 38 C .

BACA JUGA: Enam Bayi Ini Lahir di Hari yang Fitri

Bahkan jika suhunya lebih rendah dari pedoman umum ini, tetap panggil dokter jika bayi Anda tampak sakit dengan tanda-tanda seperti ruam, mudah tersinggung, tidak mau makan, sulit bernapas, leher kaku, muntah terus-menerus, diare, dehidrasi atau lesu dan sulit untuk diobati.

Konstelasi gejala termasuk demam, kekakuan leher dan kepekaan terhadap cahaya yang berkepanjangan mungkin merupakan indikasi kondisi yang sangat serius seperti meningitis.

2. Dehidrasi

Dehidrasi bisa terjadi jika bayi menyusui dengan buruk, demam, berada dalam lingkungan yang terlalu hangat, muntah atau diare yang terus-menerus.

Anda bisa mengenali dehidrasi jika mulut dan gusi bayi Anda kering, jarang sekali membasahi popok, tidak mengeluarkan air mata saat menangis atau fontanel (titik lemah di bagian atas kepala) tampak sedikit tenggelam. Jika menurut Anda bayi Anda mengalami dehidrasi, hubungi dokter.

3. Diare

Diare biasa terjadi pada bayi, tapi hubungi dokter jika ada darah di kotoran mereka (yang bisa tampak berwarna merah terang atau lebih serius, hitam).

4. Muntah

Bayi biasanya "muntah" tapi sering muntah adalah alasan Anda untuk khawatir. Muntah mungkin tidak serius jika hanya terjadi satu atau dua kali.

Namun, jika itu terjadi lebih sering, mengandung darah atau berwarna hijau atau jika bayi terlihat mengalami dehidrasi, hubungi dokter Anda.

5. Kemerahan, oozing atau bleeding

Jika pusar bayi (atau sisa umbilikus) berubah menjadi merah, mengalir atau berdarah, segera hubungi dokter. Ini adalah tanda-tanda infeksi.

6. Ruam

Ruam biasanya terjadi pada bayi, tapi panggil dokter jika ruam menutupi area yang luas, terutama wajah atau disertai dengan demam, oozing, bleeding dan pembengkakan.

7. Pilek

Infeksi saluran pernapasan bagian atas (URI) disebabkan oleh virus dan sangat umum terjadi pada bayi.

Mereka biasanya bertahan satu atau dua minggu, tapi jika gejalanya lebih serius, maka bayi Anda memerlukan perawatan dokter. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ayo Ngaku, Siapa Membuang di Kebun Tebu?


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bayi   Sakit  

Terpopuler