Inilah Suasana di Ruang Sidang MK Saat Rusuh

Kamis, 14 November 2013 – 13:00 WIB
Rusuh di Ruang Sidang MK. Foto: Adit/JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Ruang sidang utama Mahkamah Konstitusi diserang ratusan massa, Kamis (14/11). Diduga mereka adalah kelompok massa yang tidak terima dengan putusan dari sidang yang dipimpin Ketua MK, Hamdan Zoelva.

Awalnya sidang berlangsung aman dipimpin oleh Ketua MK Hamdan Zoelva. Adapun agenda sidang adalah membacakan empat putusan sengketa Pilkada. Saat pembacaan putusan sengketa pertama, terkait Pilkada Maluku, dapat diselesaikan dengan baik.

BACA JUGA: Seluruh Hakim MK Selamat

Namun tak lama kemudian, mulai muncul keributan kecil di luar ruang sidang. Satu kelompok kecil massa, mulai berteriak-teriak. Pihak keamanan MK langsung berusaha menenangkan massa. Sementara sidang tetap berlangsung di dalam.

Sekelompok massa yang awalnya tenang, mendadak kembali berulah. Salah satu dari mereka kemudian melempar kursi hingga patah ke arah tembok ruang sidang MK.

BACA JUGA: MK Rusuh, Kursi Beterbangan

Ratusan massa kemudian makin beringas dan berusaha memasuki ruang sidang. Dari foto yang didapat JPNN, meski berusaha menghalangi, pihak keamanan yang jumlahnya sedikit tidak bisa mengantisipasi aksi massa.

Pintu utama ruang sidang akhirnya benar-benar jebol. Ratusan massa semakin beringas dan menghancurkan meja dan kursi. Sementara aparat keamanan yang jumlahnya sedikit hanya bisa pasrah melihat aksi massa.

BACA JUGA: Kronologis Kerusuhan di Ruang Sidang MK

Beberapa massa ada yang mengejar ke arah para hakim MK duduk. Namun sejak suasana mulai tak kondusif, Hakim MK sudah berhamburan lari menyelamatkan diri dari pintu belakang.

Pihak keamanan MK dibantu aparat kepolisian, terpaksa mengamankan beberapa orang yang dinilai sebagai provokator. Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak Sekjen MK.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polri All Out Kawal Pemilu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler