Inilah Tampang YS Pelaku Pembunuhan yang Menewaskan Tetangga saat Gotong Royong

Selasa, 17 Mei 2022 – 22:14 WIB
YS ditahan polisi setelah membunuh dan menganiaya sejumlah orang di Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto : Humas Polresta Balikpapan.

jpnn.com, BALIKPAPAN - Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Thirdy Hadmiarso membeberkan kronologi pembunuhan sadis yang dilakukan pria berinisial YS pada Minggu (15/5/2022) sore.

Pria 40 tahun itu tiba-tiba mengamuk membunuh dan melukai orang saat warga menggelar gotong rogong di Kota Minyak tersebut.

BACA JUGA: YS Tersinggung Disuruh-suruh saat Gotong Royong, Tetangga Langsung Dihabisi

Aksi brutal yang dilakukan YS sempat terekam kamera warga dan viral di media sosial. Dalam video beredar, tampak YS memegang senjata tajam sembari berjalan di tengah jalan. 

Sementara YS baru diamankan petugas seusai melukai korban terakhirnya dan menyerahkan dirinya ke kantor polisi.

BACA JUGA: Pembunuh Janda Menyamar jadi Tarzan, Eitsss, Pak Polisi Tak Tertipu

Kepada polisi, YS mengaku tega membunuh tetangganya itu lantaran tersinggung disuruh-suruh korban saat gotong royong membersihkan Kapel.

"Pelaku kesal karena sering di suruh-suruh korban untuk mengerjakan apapun saat lagi gotong royong itu," kata Kombes Pol Thirdy Hadmiarso saat menggelar rilis Selasa (17/5). 

BACA JUGA: Wahai Pembunuh Mantan Istri, Jangan Harap Bisa Tidur Nyenyak

Lebih lanjut Kombes Thirdy menyampaikan kronologi pembunuhan yang dilakukan YS. Dikisahkan, kala itu korban sedang mengikuti gotong royong membersihkan Kapel di lingkungan tinggal mereka di Jalan Soekarno-Hatta KM 10, Balikpapan Utara.

Saat gotong royong YS tersinggung lantaran terus-terusan diperintahkan korban. YS yang merasa dijadikan jongos korban, mengambil senjata tajam lalu menikamkannya ke dada korban.

"Saat itu pelaku lagi istirahat, korban kembali menyuruh pelaku untuk memasang pancang Kapel. Tersinggung karena disuruh-suruh terus, pelaku gunakan sajam menikam korban, " ungkapnya.

Akibat tikaman di dada itu, korban seketika meninggal ditempat. Pelaku berusaha kabur melarikan diri. Namun, tetangganya yang lain berusaha menangkap pelaku. 

Merasa dihalang-halangi YS melayangkan sajamnya ke arah tetangganya berinisial AG. Korban mengalami luka sobek akibat menepis sajam tersebut. 

"Pelaku berusaha menebas AG, tetapi ditepis menggunakan tangan, membuat pergelangan tangan kiri korban AG terluka," terangnya.

Setelah melukai tetangganya itu, YS melarikan diri dengan menumpang ke pengendara mobil pikap. Kemudian pelaku diturunkan di Jalan Soekarno-Hatta Kilometer 15 Balikpapan arah Samarinda. 

"Sebenarnya pelaku ini turun dari mobil pikap itu, dia mau menyerahkan diri ke kantor polisi. Jadi dia cari pengendara lain untuk antarkan dia ke kantor polisi," ucapnya.

Saat itu, YS menghentikan seseorang ibu-ibu pengendara motor. Kepada ibu berinisial SS itu, YS minta untuk diantarkan ke Kantor Polisi. Namun SS enggan menuruti permintaan itu, lantaran takut melihat YS membawa sajam. 

"Karena korban SS ini menolak, pelaku marah lagi dan melukai korban dengan menimpas bagian punggung korban," lanjutnya. 

Kombes Thirdy menyampaikan, seusai melukai korban terakhirnya itu, pelaku memilih pergi berjalan kaki menuju Polsek Balikpapan Utara meninggalkan korbannya. 

Sementara SS yang mengalami luka di bagian punggung kemudian dilarikan ke rumah sakit oleh warga. "Pelaku kami amankan setelah menyerahkan diri ke Polsek Balikpapan Utara. Dia kami amankan beserta barang bukti sajam," ucapnya. 

Akibat perbuatan brutalnya, kini YS ditahan di Sel Tahanan Polsek Balikpapan Utara, dengan dijerat Pasal 351 JO pasal 64 atas tindakan  pembunuhan dan penganiyaan dengan ancaman di atas 5 tahun penjara.

BACA JUGA: Kejadian di Aceh Timur, Pria Asal Sumut Tewas Mengenaskan, Seluruh Badan Membiru

"Kondisi kejiawan pelaku normal. Masalah itu mulanya karena pelaku tersinggung dengan perkataan korban. Pembunuhan ini tidak direncanakan. Yang jelas pelaku tidak terima karena korban menyuruh berulang-ulang," pungkasnya.(mcr14/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pascakebakaran di Kilang Minyak Balikpapan, Pertamina Pastikan Produksi BBM Aman


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Arditya Abdul Aziz

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler