Pascakebakaran di Kilang Minyak Balikpapan, Pertamina Pastikan Produksi BBM Aman

Senin, 16 Mei 2022 – 18:22 WIB
Penampakan asap hitam kebakaran yang terjadi di area PT Kilang Pertamina Internasional di Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto : Dari Akun Instagram @BalikpapanTerkini.

jpnn.com, BALIKPAPAN - Pertamina memastikan produksi bahan bakar minyak (BBM) di Plant 5 kilang minyak Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur, pascakebakaran tidak terganggu.

Produksi BBM dipastikan tetap akan berjalan agar tidak mengganggu suplai ke masyarakat. Stok BBM dari kilang minyak Balikpapan saat ini masih mencukupi pemenuhan kebutuhan suplai ke Terminal BBM di Balikpapan.

BACA JUGA: Penggelapan 9,7 Ton Pupuk Sawit Perusahaan Terungkap, Pelakunya, Oalah

PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) telah bersinergi dengan PT Pertamina Patra Niaga (PT PPN), guna memastikan produksi dan suplai BBM ke masyarakat tetap dapat berjalan normal, tanpa ada kendala. 

Bahkan Pertamina juga sudah mempersiapkan skenario alih suplai, berkoordinasi dengan Pertamina Group sebagai antisipasi untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan BBM masyarakat.

BACA JUGA: Puslabfor Mabes Polri Selidiki Penyebab Kebakaran di Kilang Minyak Balikpapan

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina KPI Unit Balikpapan, Ely Chandra menyampaikan, bahwa pihaknya kini sedang melakukan upaya recovery operasional kilang. 

"Saat ini tim internal Pertamina Balikpapan tengah melakukan recovery memastikan agar Plant 5 agar segera kembali beroperasi maksimal," ucapannya melalui rilisnya kepada JPNN.com, Senin (16/5/2022) sore.

BACA JUGA: Ada Kebakaran Pabrik di Bekasi, Lihat Fotonya

Selain itu, Pertamina juga melakukan pengaturan produksi di unit-unit lainnya dalam kilang agar dapat berproduksi secara optimal. Sebab Plant 5 merupakan salah satu bagian komponen dalam menghasilkan BBM. 

"Saat ini, kami akan mengoptimalkan stok yang terdapat dalam tangki. Namun, kami juga tengah mempersiapkan rencana tambahan bahan baku produk untuk menggantikan kebutuhan komponen HOMC dari Plant 5 yang diperlukan untuk memproduksi BBM," Jelas Ely. 

PT KPI akan mempergunakan komponen PT PPN yang diambil dari dari Terminal BBM Tanjung Uban. HOMC (High Octane Mogas Componen) merupakan komponen yang akan diperlukan untuk memproduksi BBM beroktan tinggi seperti Pertamax. 

Elly mengatakan perbaikan Plant 5 sudah dijadwalkan dan akan selesai selama 7 hari ke depan. Dalam masa perbaikannya, PT KPI memastikan produksi BBM tetap dapat berjalan dengan aman. 

"Mohon doa dan dukungannya agar tahapan-tahapan perbaikan tersebut dapat dilaksanakan semaksimal mungkin," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kilang minyak Pertamina di Balikpapan, Kalimantan Timur terbakar pada Minggu (15/5/2022) siang, sekitar pukul 11.00 WITA.

Kebakaran itu terjadi di area Plant 5 Hydro Skiming Complex. Lokasi tersebut merupakan tempat mengolah bahan baku gasoline.

Akibat kejadian tersebut, sebanyak lima pekerja harus dievakuasi untuk mendapat pertolongan medis, sementara 1 pekerja dilaporkan meninggal dunia.

PT KPI Balikpapan menyatakan, korban meninggal dunia dalam kecelakaan kerja itu merupakan pekerja kontraktor yang gagal dievakuasi saat kejadian tersebut. 

Informasi dihimpun, ada enam pekerja yang sedang berada di lokasi kebakaran. Dari enam pekerja, tiga di antaranya mengalami luka bakar sedangkan dua lainnya terpapar panas api dari bahan yang terbakar.

"Terdapat tiga orang luka bakar yang merupakan pekerja Pertamina dan saat ini tengah dilakukan upaya perawatan maksimal di RS Pertamina Balikpapan, dua orang korban yang terpapar panas yang merupakan pekerja dari kontraktor telah selesai perawatan di klinik," ucap Ely melalui rilisnya, JPNN.com, Minggu (15/5/2022). 

BACA JUGA: Mobil Keluarga Polisi Hilang di Bandar Lampung, Ditemukan di Daerah Ini

Pihak Pertamina berjanji akan memenuhi hak-hak pekerja yang menjadi korban. Untuk memenuhi kebutuhan produksi bahan baku yang dikhawatirkan terdampak kejadian ini, kilang Balikpapan akan mengoptimalkan stok di tangki dan pengaturan produksi. (mcr14/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ledakan dan Kebakaran Kilang Balikpapan, 1 Tewas, 5 Luka-Luka


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Arditya Abdul Aziz

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler