Inilah Titik-titik Lokasi Unjukrasa di Ibukota

Senin, 17 Juni 2013 – 09:38 WIB
JAKARTA--Sekitar 10 ribu orang akan melakukan aksi unjukrasa menjelang keputusan pemerintah terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, Senin, (17/6).

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, aksi akan dilaksanakan di sejumlah titik di Ibukota Jakarta dan sekitarnya.

"Massa unras (unjuk rasa, red) berasal dari beberapa elemen buruh," ujar Rikwanto saat dihubungi JPNN, Senin (17/6).

Berikut daftar rencana aksi unjukrasa yang akan dilaksanakan hari ini :

1. Pukul 08.00 WIB, di Pintu Tol Kebon Nanas Tangerang & Pintu M 1 Bandara Soekarno-Hatta. Unjuk rasa dilaksanakan oleh Aliansi Serikat Buruh/Serikat Pekerja Tangerang Raya dan KSPSI Kota Tangerang, estimasi 500 orang. Tuntutannya, menolak kenaikan harga BBM.

2. Pukul 09.30 WIB, di Gedung DPR/MPR RI, Kementerian BUMN, dan depan Istana Negaraa. Unjuk rasa oleh Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI), estimasi 300 orang. Tuntutannya menolak kenaikan BBM dan mendesak Panja Ketenagakerjaan menghapus sistem kerja Outsourcing di Perusahaan BUMN.

3. Pukul 10.00 WIB, di Kantor Ditjen Pajak Jakarta Selatan dan Gedung DPR/MPR RI. Unjuk rasa oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) FSPMI, estimasi 2000 orang. Tuntutannya menolak kenaikan harga BBM dan usut penuntasan kasus korupsi di Ditjen Pajak.

4. Pukul 10.00 WIB di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, Balaikota DKI Jakarta, dan Gedung DPR/MPR. Unjuk rasa oleh Forum Buruh DKI Jakarta, estimasi 300 sampai 500 orang. Tuntutannya menolak kenaikan harga BBM dan meminta Kadisnaker untuk komitmen memperjuangkan upah yang layak.

5. Pukul 12.00 WIB, Gedung DPR/MPR RI Jakarta Pusat. Unjuk rasa oleh KSBSI, estimasi 300 sampai 500 orang.

6. Pukul 09.00 WIB, di Pemerintah Kota Tangerang dan Gedung DPR/MPR. Unjuk rasa oleh KABUT BERGERAK (Komite Aksi Buruh Tangerang Bergerak), estimasi 250 orang.

7. Pukul 09.00 WIB, di Depan Kantor Baharkam Mabes Polri, Gedung DPR/MPR RI, Istana Negara, dan Kantor Pusat Pertamina. Unjuk rasa oleh Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia (IKAMI) Sulawesi Selatan, estimasi 250 orang. Tuntutan mengecam tindakan represif Kepolisian Sulawesi Selatan yang telah memasuki area kampus. Copot Kapolda Sulsel dan Kapoltabes Makassar, menolak kenaikan BBM, menolak program BLT/BLSM, usut koruptor BBM di Pertamina.

8. Pukul 10.00 WIB, di Kantor DPRD Kota Bekasi. Unjuk rasa oleh PPMI dan SPSI Kota Bekasi, estimasi 500 orang. Menolak Kenaikan harga BBM, hapuskan kontrak dan outsourcing, dan hentikan union busting.

9. Pukul 10.00 WIB, di Kantor Kementerian ESDM dan Gedung DPR/MPR RI. Unjuk rasa oleh KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia), estimasi 200 orang.

10. Pukul 10.00 WIB, di Gedung DPR/MPR, Unjuk rasa oleh Dewan Mahasiswa (DEMA) Elemen BEM SI, FAM I, PPI, GMI Universitas Pasundan, ITT Bandung, dan Unisma Makassar.

11. Pukul 10.00 WIB, Gedung DPR/MPR, Unjuk ras oleh Gerakan Rakyat Tolak Kenaikan BBM (LMND, PMKRI, SEKBER), estimasi 300 sampai 500 orang.

12. Pukul 14.00 WIB, di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Unjuk rasa oleh Aliansi Masyarakat dan Rakyat Anti Kenaikan BBM (AMAR ANTI KENAIKAN BBM), estimasi 50 orang. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Festival Film Bandung 2013, Kado untuk Bebasnya Jupe

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler