Inovator Terbaik, IKPP Raih Penghargaan Akselerasi Inovasi SDG

Kamis, 03 Agustus 2023 – 13:00 WIB
PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) meraih Penghargaan Akselerasi Inovasi SDG sebagai perusahaan inovator terbaik setelah melewati rangkaian sesi pelaporan program. Foto Mesya/JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - United Nations Global Compact (UNGC) melalui Indonesia Global Compact Network (IGCN) meluncurkan program SDG Innovation (SDGI).

Program itu mengajak para profesional muda dari segala sektor menjadi inovator di masing-masing perusahaan tempat bekerja mendorong percepatan pencapaian sustainable development goals (SDGs) nasional yang berkontribusi ke global.

BACA JUGA: IKPP Raih Penghargaan BIA 2023, Tumbuh Positif di Era Baru

Program ini berjalan selama sembilan bulan dengan beberapa langkah yang harus dilalui. 

Total peserta asal Indonesia ialah 69 inovator dari 16 perusahaan.

BACA JUGA: Trakindo Innovakids 2023 Wadah Memotivasi Siswa dan Guru, Inovator Masa Depan 

Dari jumlah tersebut, enam di antaranya mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan inovator terbaik, setelah melewati rangkaian sesi pelaporan progam.

Salah satunya ialah PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP).

BACA JUGA: Pupuk Kaltim Siap Melahirkan Generasi Inovator Melek ESG di Sektor Agrobisnis

Chief Sustainability Officer APP Sinar Mas Elim Sritaba menyampaikan penghargaan ini memberikan pengakuan atas dedikasi dan inovasi generasi muda Indonesia dalam mendukung SDGs.

Menurut Elim, di era globalisasi yang penuh dengan tantangan, kebutuhan akan inovasi sangat mendesak.

"Inovasi adalah jantung dari pembangunan berkelanjutan, membuka jalan untuk solusi baru yang dapat mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi," kata Elim Sritaba dalam acara Penghargaan Akselerasi Inovasi SDG di UNIKA Atma Jaya Jakarta, Rabu (2/8).

Dia menambahkan penghargaan yang diperoleh ini juga menguatkan dedikasi dan kreativitas generasi muda Indonesia.

Mereka ialah pembawa obor estafet kepemimpinan di masa depan.

Dia menyatakan APP Sinar Mas bangga mendukung dan menjadi bagian dari perjalanan penting ini.

IKPP telah berkomitmen untuk pengelolaan limbah berkelanjutan melalui proyek "Kolaborasi Pengelolaan Limbah Berkelanjutan: IKPP Serang dan Bank Sampah Digital."

Inisiatif ini mengintegrasikan teknologi dan partisipasi komunitas menciptakan solusi pengelolaan limbah yang efektif.

Sementara, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk berupaya mendorong energi bersih dan berkelanjutan di Indonesia melalui proyek "Green Energy: Solar Panel Installation."

Inisiatif ini berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon dan memberikan akses energi yang andal bagi masyarakat lokal.

Pada kesempatan sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyoroti potensi besar Indonesia dalam parekraf, serta harapan akan kolaborasi lebih lanjut dengan Tim Inovator untuk mewujudkan negeri ini sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan. 

Direktur Eksekutif IGCN Josephine Satyono menekankan pentingnya program ini sebagai katalisator untuk meningkatkan keterampilan dan talenta kreativitas dalam pemecahan masalah, serta penerapan ketajaman bisnis untuk pengembangan produk dan layanan baru.

Dengan berbagai kolaborasi dan inisiatif yang telah dicanangkan, acara penganugerahan ini menjadi momentum penting dalam upaya memperkuat dukungan sektor swasta dan pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Ini juga menjadi bukti nyata bahwa dengan kerja sama dan inovasi, Indonesia dapat mencapai target SDG dengan lebih cepat dan efektif. 

Sementara itu, Deputy for Maritime Affairs and Natural Resources National Coordinator of SDGs Kementerian PPN/ BAPPENAS Vivi Yulaswati menekankan peran perusahaan dalam mendorong inovasi. 

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga melihat program ini sebagai langkah penting menuju Jakarta yang lebih berkelanjutan. (esy/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
IKPP   SGDs   Inovator   Penghargaan  

Terpopuler