Insiden Sriwijaya Air SJ182: Inilah Titik Fokus Pencarian Basarnas

Sabtu, 09 Januari 2021 – 23:23 WIB
Petugas Basarnas memajang peta di posko di JICT, Tanjungpriok, Jakarta Utara untuk proses evakuasi korban Lion Air JT 610. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Badan SAR Nasional (Basarnas) telah menyisir perairan di Kepulauan Seribu yang diduga menjadi lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta - Pontianak.

Menurut Deputi Bidang Operasi Basarnas Mayjen TNI Bambang Suryo Aji, posisi pesawat setelah hilang kontak ada di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang.

BACA JUGA: Sriwijaya Air SJ182 Jatuh, TNI Kirim Kopaska dan Denjaka, Ada 5 KRI

"Kurang lebih jaraknya 1,5-2 mil. Kalau dari Tanjung Kait sekitar tiga mil," ujar Bambang di kantornya, Sabtu (9/1) malam.

Perwira TNI berlatar belakang marinir itu menjelaskan, saat ini tim pencarian dan pertolongan (SAR) masih melakukan penyisiran.

BACA JUGA: 20 November 2020 Mulyadi P Tamsir Jadi Pengantin, Hari Ini Naik Sriwijaya Air SJ182

 

"Tim SAR hingga malam ini masih melaksanakan penyisiran di permukaan perairan tersebut," tuturnya.

BACA JUGA: Terbang Perdana Mei 1994, SJ182 Anjlok 10 Ribu Kaki Kurang dari Semenit

Selain itu, lanjut Bambang, pihaknya sudah mendirikan posko operasi SAR di JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara. Personel dari Basarnas Pusat dan Kantor SAR Jakarta telah berada di posko operasi.

Lebih lanjut Bambang mengatakan alat utama pencarian sudah dikerahkan ke lokasi. Di antaranya Kapal Negara (KN) SAR Wisnu Jakarta, KN SAR Karna Pangkalpinang, dan KN SAR Basudewa Lampung.

Bambang menegaskan bahwa kapal-kapal itu dilengkapi peralatan visual untuk permukaan dan bawah laut. Selain itu, Basarnas juga melakukan pencarian melalui udara.

Oleh karena itu pencarian malam ini difokuskan pada lokasi yang diyakini tempat jatuhnya SJ182. "Dengan harapan besok pagi kami melakukan pencarian dan pendalaman," ujarnya.(tan/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler