Intip Spesifikasi Rantis Maung yang Digeber Menhan Prabowo

Selasa, 14 Juli 2020 – 10:22 WIB
Rantis Maung yang diproduksi oleh Pindad. Foto: dok Pindad

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto beberapa hari lalu sudah melakukan uji coba kendaraan taktis (Rantis) yang bakal diberi nama Maung.

Mobil ini merupakan deretan produk baru Pindad yang akan melengkapi kendaraan militer tempur lainnya di Indonesia.

BACA JUGA: Seberapa Tangguh Rantis Maung yang Digeber Prabowo Subianto?

Sebagai produk baru, Maung diharapkan memiliki spesifikasi yang tangguh untuk mendukung militer di Indonesia. Lantas seperti spesifikasi yang dibawa pada Maung ini?

Direktur Utama Pindad (Persero) Abraham Mose mengatakan, rantis Maung dikembangkan untuk mendukungnya saat menjalankan tugasnya.

BACA JUGA: Rantis Brimob Kawal Pimpinan KPK Jilid IV Menuju Istana, Nih Fotonya

"Maung dilengkapi sejumlah fitur dan teknologi yang disesuaikan, serta diadopsi langsung dari kendaraan Insfanteri TNI Angkatan Darat," ungkap Abharam saat dihubungi JPNN, Selasa (14/7).

Abharam mengatakan, Maung bisa menampung hingga empat orang. Secara dimensi, rantis Maung mempunyai panjang 1.050 mm, lebar 1.640 mm dan tinggi 1.150mm serta whellbase 3.090mm.

BACA JUGA: Berkunjung ke Pindad, Menhan Prabowo Jajal Rantis Komodo

Soal jantung pacu, Pindad membenamkan mesin diesel turbo empat silinder 16 valve DOHC berkapasitas 2.400cc yang dapat menawarkan tenaga 149 Hp dan torsi 400 Nm.

Mesin diesel itu dikombinasikan bersama sistem transmisi manual enam percepatan dan dijalankan melalui sistem penggerak empat roda. Bahkan, kata Abharam, Maung memiliki kecepatan hingga 120km/jam.

"Maung memiliki kecepatan aman 120 km/jam dengan transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km," ungkapnya.

Maung juga dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya. (mg9/jpnn)

VIDEO: Cerita Fadli Zon Soal Penunjukan Prabowo Sebagai Menhan


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler