Seberapa Tangguh Rantis Maung yang Digeber Prabowo Subianto?

Selasa, 14 Juli 2020 – 09:15 WIB
Rantis Maung yang diproduksi oleh Pindad. Foto: dok Pindad

jpnn.com, JAKARTA - Kendaraan taktis (Rantis) bernama Maung besutan PT Pindad (Persero) sudah dijajal langsung oleh Menteri Pertahan Prabowo Subianto pada Minggu (12/7).

Mobil ini merupakan deretan produk baru Pindad yang akan melengkapi kendaraan militer tempur lainnya di Indonesia.

BACA JUGA: Lihat! Meski Dari Jauh, Prabowo Subianto Tampak Gagah dan Keren

Secara tampilan, mobil berpenggerak empat roda ini kabarnya akan menjadi varian kendaraan yang tidak dilengkapi dengan pintu belakang.

Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose mengatakan, kelebihan utama dari Maung sanggup menerjang medan-medan sulit dan beroperasi lepas ruas jalan aspal.

BACA JUGA: Jokowi Ungkap Alasan Tunjuk Prabowo Pimpin Program Lumbung Pangan

"Maung dapat dioperasikan di ruas jalan aspal dan mampu bermanuver dengan baik. Maung memiliki kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km," ungkap Abraham saat dihubungi JPNN.com, Selasa (14/7).

Abraham menambahkan, Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

BACA JUGA: Hana Hanifah Sempat Menyampaikan Rencananya

Rantis Maung yang diproduksi oleh Pindad. Foto: dok Pindad

Dalam pengujian yang dilakukan Prabowo, Abraham menjelaskan, Pindad juga mendemostrasikan Maung dalam beberapa aspek pengujuan dari jalan on-road, paving sampai bermain lintasan berbatu besar, tanjakan curam, jalan berlumpur serta daratan licin hingga sungai dangkal

Pada medan sulit, Maung dapat melewati rintangan dan dikemudikan dengan handal.

Bahkan sengaja ditempatkan di jalur berlumpur dengan dominasi air untuk menguji kelincahan dan kehandalan di medan sulit dan licin.

Tidak hanya itu, Maung diklaim mampu bergerak taktis dengan memperhatikan aspek kenyamanan.

Pengujian pada medan datar meliputi beberapa indikator, yaitu kecepatan, percepatan, manuver putar, manuver angka 8, pengereman dan tak lupa aspek keamanan. (mg9/jpnn)

VIDEO: Cerita Fadli Zon Soal Penunjukan Prabowo Sebagai Menhan


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler