Ivermectin dari HKTI untuk Kubu Raya atas Perintah Jenderal (Purn) Moeldoko

Selasa, 29 Juni 2021 – 05:59 WIB
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan (antara/Rendra Oxtora)

jpnn.com, KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan mengucapkan terima kasih kepada Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

Sebab, Kubu Raya telah mendapatkan bantuan sebanyak 2000 tablet obat terapi Covid-19 bermerek ivermectin, dari organisasi yang dipimpin Ketua Umum Jenderal (Purn) Moeldoko itu.

BACA JUGA: Ivermectin Terbukti Ampuh Menekan Penyebaran COVID-19 di Sejumlah Negara

"Kami menyampaikan terima kasih kepada HKTI yang telah memberikan bantuan obat ivermectin yang dipercaya sebagai obat terapi Covid-19, untuk Kubu Raya," kata Muda di Kubu Raya, Senin (28/6).

Menurut Muda, pihaknya akan segera menyalurkan ivermectin itu ke setiap puskesmas yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

BACA JUGA: Moeldoko Mengapresiasi Kerja Cepat Erick Thohir

"Nantinya obat ini akan kami salurkan kepada masyarakat melalui puskesmas yang ada di setiap kecamatan," ujarnya.

Dia menjelaskan Ketua Umum HKTI Jenderal (Purn) Moeldoko sebelumnya sudah melakukan pertemuan secara virtual dengan dirinya.

BACA JUGA: Bang Muda Instruksikan ASN Konsumsi Beras Lokal Kubu Raya

Menurut dia, Moeldoko pada pertemuan itu mengharapkan dukungan Pemkab Kubu Raya untuk pendistribusian ivermectin.

"Karena obatnya sudah kami terima, maka ini akan segera kami salurkan terutama pada daerah daerah yang rentan penularan Covid-19," ujar Muda.

Menurutnya, walaupun saat ini obat ivermectin produksi salah satu BUMN, PT Indofarma Tbk (INAF) masih menimbulkan pro kontra keampuhannya sebagai terapi Covid-19, namun sudah banyak pihak yang memberikan testimoni kemanjurannya.

Termasuk Menteri BUMN Eric Thohir juga menyebutkan ivermectin menjadi salah satu alternatif sebagai obat terapi Covid-19 yang manjur untuk penyembuhan pasien yang terserang virus corona.

"Hal itu juga dikuatkan oleh Ketua Umum HKTI Jenderal (Purn) Moeldoko yang menyatakan kemanjuran ivermectin sukses di beberapa daerah Pulau Jawa," kata Muda.

Menurut dia, paling tidak ini sebagai bentuk ikhtiar sebagai manusia, untuk menyembuhkan penyakit Covid-19.

Di tempat yang sama, Ketua HKTI Kalbar Edi Suyanto mengatakan pihaknya menyerahkan bantuan obat tersebut atas perintah langsung dari Ketua Umum HKTI Jenderal (Purn) Moeldoko.

Menurut dia, pihaknya sudah menyalurkan ke beberapa kabupaten/kota di Kalbar, seperti Kabupaten Landak, Sintang, Sambas, Bengkayang, Kubu Raya, dan Kota Singkawang.

"Dan akan (kami salurkan) ke beberapa daerah lainnya lagi," katanya.

Edi menyebut masing masing kabupaten mendapatkan jatah 2000 tablet ivermectin. Jumlah itu, kata dia, bisa untuk 400 pasien positif Covid-19, bila satu orang mengonsumsi lima tablet.

Pihaknya yakin masa kesembuhan pasien Covid-19 akan lebih cepat kalau minum invermectin.

"Kalau kami lihat pengalaman di India masa penyembuhan pasien Covid-19, rata-rata bisa dua minggu. Mudah-mudahan ini juga akan bisa lebih mempercepat masa penyembuhan pasien," ungkap Edi. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler