IPNU Menginisiasi Pembentukan Komunitas Poros Pelajar, Menpora Amali: Ini Harus Diwujudkan

Kamis, 21 Juli 2022 – 22:59 WIB
Menpora Amali melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Aswandi Jailani dan jajarannya di ruang kerjanya, gedung Graha Pemuda Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Kamis (21/7) Siang. Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali menyambut baik wacana dibentuknya komunitas poros pelajar yang diinisiasi oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU).

Poros pelajar nantinya akan membawahi organisasi-organisasi pelajar seperti Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), PII, IPNU dan lainnya.

BACA JUGA: Usut Penembakan Brigadir J, Komnas HAM Pastikan Hal Ini Tidak Pernah Terjadi, Tegas

Hal ini disampaikan Menpora Amali saat melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Aswandi Jailani dan jajarannya di ruang kerjanya, gedung Graha Pemuda Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Kamis (21/7) Siang.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Ketua Kaderisasi IPNU, Khairul Anwar, Ketua Pelaksana Kongres IPNU Ke-XX, Khairul Anwar Simatupang, Syarif Hidayat dan Bendahara Panitia, Sutan Rahman.

BACA JUGA: Komnas Perempuan Ungkap Penyebab Istri Ferdy Sambo Belum Bercerita, Ternyata

“Saya kira ini ide yang bagus, apalagi sudah dijalankan. Organisasi pelajar memang harus juga punya satu komunitas pelajar supaya tidak bergabung di komunitas kepemudaan,” ujarnya.

Menpora Amali mengaku sudah lama mendorong terbentuknya komunitas khusus untuk pelajar tersebut. Sebab menurutnya, dengan terbentuknya komunitas organisasi, maka ketika ada satu organisasi yang stagnan, tetapi komunitas ini bisa tetap jalan.

BACA JUGA: Bamsoet Dorong IPNU dan IPPNU Manfaatkan Teknologi Digital

Untuk organisasi pemuda dan mahasiswa sendiri sudah ada kelompok Cipayung dan lainnya.

“Kalau ada satu organisasi yang stagnan, ini tetap bisa jalan. Di dalam Undang-undang No 40 tahun 2009 Tentang Kepemudaan juga memungkinkan itu. Sehingga ada tempat berkumpulnya organisasi-organisasi ini,” jelasnya.

Di samping itu, Menpora Amali turut menyampaikan apresiasi dan menyambut baik rencana pelaksanaan kongres IPNU ke XX.

Sebab, kongres yang dilakukan organisasi kader, itu menunjukan bahwa terjadi regenerasi kepemimpinan dalam tubuh organisasi tersebut.

“Tentu kami menyambut baik dan mengapresiasi upaya-upaya dari organisasi pelajar atau pemuda seperti yang dilakukan IPNU ini. Sehingga kaderisasinya tetap terjaga dan ruang untuk para kadernya bisa terbuka lebar dengan regenerasi kepemimpinan yang ada dalam organisasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Aswandi Jailani mengungkapkan bahwa pihaknya telah berinisitif membentuk komunitas poros pelajar sebagai tempat berkumpulnya organisasi-organisasi pelajar.

BACA JUGA: Ungkap Kondisi Istri Ferdy Sambo, Komnas Perempuan Minta Hentikan Spekulasi Tentang...

“Kami sampaikan teman-teman poros pelajar ini, ada enam sampai delapan OKP ingin menghadap Pak Menteri dalam waktu dekat,” ujarnya.(dkk/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler