Iran Kalah, Asia Di Ujung Tanduk

Kamis, 26 Juni 2014 – 03:15 WIB
Pemain Iran, Reza Ghoochannejhad mencetak gol tunggal timnya selama pentas Piala Dunia Brasil 2014. Getty images

jpnn.com - SALVADOR- Harapan Iran untuk lolos ke 16 Besar Piala Dunia kandas usai ditekuk Bosnia-Herzegovina dengan skor 1-3, dalam laga terakhir Grup F di Arena Fonte Nova, Salvador, Rabu (25/6) malam.

Tiga gol Bosnia dicatatkan oleh Edin Dzeko, Miralem Pjanic, dan Avdija Vrsajevic. Sedangkan gol balasan Iran yang juga sekaligus satu-satunya gol Iran di Piala Dunia Brasil 2014, dibukukan Reza Ghoochannejhad.

BACA JUGA: Ditekuk Argentina, Nigeria Lolos ke 16 Besar

Hasil tersebut membuat Bosnia mengemas nilai tiga dan finis di posisi tiga. Sebaliknya, Iran harus pulang dengan satu poin di posisi juru kunci Grup F.

Dari hasil yang ditorehkan Iran ini juga membuat Asia kritis. Dari empat wakil Asia di Piala Dunia, harapan tinggal ada di pundak Korea Selatan di Grup H.

BACA JUGA: Kalahkan Nigeria, Argentina Raih Juara Grup F

Namun asa itu juga sangat berat mengingat Korsel kini baru menuai satu poin dari 2 pertandingan (imbang dengan Rusia 1-1 dan kalah dari Aljazair 2-4).

Di match day terakhir, Korsel harus berhadapan dengan tim penuh bintang, Belgia yang memang sudah memastikan diri lolos ke perdelapanfinal berkat tabungan 6 poin dari dua laga.

BACA JUGA: Turun Minum, Gol Dzeko Bawa Bosnia Ungguli Iran

Peluang memang tetap ada, dengan catatan Korsel harus menang dengan banyak gol, sementara di laga lain yakni Rusia dan Aljazair, dimenangkan Rusia dengan skor tipis saja. Perhitungan ini jelas butuh keajaiban besar.

Sementara di luar Korsel dan Iran, dua wakil lainnya yakni Jepang dan Australia (masuk ke badan sepak bola Asia/AFC), sudah pulang duluan.

Jepang menjadi juru kunci di Grup C dengan 1 poin hasil sekali imbang 0-0 dengan Yunani dan 2 kali kalah masing-masing 1-2 dengan Pantai Gading dan 1-4 dari Kolombia.

Sementara Australia juga menjadi peringkat terakhir tanpa poin, kalah 1-3 dari Chile, 2-3 dengan Belanda dan 0-3 dari Spanyol. (adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Masuk Rekor Piala Dunia, Nigeria Vs Argentina 1-2 di Babak I


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler