Irjen Anang Kirim 14 Personel Elite Brimob ke Turki dan Irlandia Untuk Lakukan Ini

Sabtu, 07 Mei 2022 – 00:26 WIB
Dankor Brimob Irjen Anang Revandoko. Dok Humas Polri.

jpnn.com, DEPOK - Korps Brimob Polri mengirim 14 personel terbaiknya untuk berangkat ke Turki dan Irlandia Utara pada Jumat (6/5). Mereka dikirim untuk berlatih penanganan bom. 

Komandan Korps (Dankor) Brimob Irjen Anang Revandoko mengatakan pihaknya sengaja memilih dua negara itu karena memiliki reputasi tinggi dalam penanganan bom di dunia.

BACA JUGA: 14 Personel Terbaik Korps Brimob Polri Dikirim ke Turki dan Irlandia Utara, Irjen Anang Berpesan Begini

Anang bahkan memimpin langsung pelepasan 14 personel itu dalam upacara yang digelar di Lapangan Mako Brimob Polri Kelapa Dua, Depok.

Upacara itu dihadiri semua petinggi Korps Brimob seperti Wadankor Brimob Brigjen Setyo Boedi, Komandan Pasukan Pelopor Brigjen Imam W, dan Komandan Pasukan Gegana Korbrimob Brigjen Reza Arief.

BACA JUGA: Kombes Dede Resmi Jabat Dansat Brimob, Fokus Lakukan Ini

Dari 14 personel tersebut, sepuluh orang dikirim ke Turki dan empat perwira ke Irlandia.

"Korps Brimob memberangkatkan sepuluh personel terbaiknya untuk latihan penanganan amunisi, ranjau, dan bahan peledak di Turki. Jaga selalu kehormatan Korps Brimob Polri dan NKRI,” kata Anang saat pelepasan.

BACA JUGA: Teror Panah di Bima Marak, Brimob Gencarkan Operasi Cipta Kondisi

Program pelatihan di Turki ini merupakan kelanjutan  kerja sama antara Korps Brimob Polri dengan Komando Gendarmarie Nasional Turki. Tahun lalu, Dankor Brimob Polri dan Komandan Gendarmarie Nasional Turki sudah merintis kerja sama.

Pada saat yang sama Korps Brimob Polri juga memberangkatkan 4 perwira untuk mengikuti Seminar dan Konfrensi Internasional Bomb Data Centre Working Group di Belfast, Irlandia Utara.

Anang mengatakan Turki berpengalaman dalam penanganan kelompok-kelompok bersenjata di Timur Tengah. Dengan demikian personel Korps Brimob akan memiliki kemampuan penanganan amunisi, ranjau, dan bahan peledak, dengan spektrum kawasan Timur Tengah.

Sedangkan keberangkatan perwira ke Belfast, Irlandia Utara, Inggris Raya untuk  meningkatkan sumber daya Korps Brimob menyesuikan ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan. 

"Ini sesuai harapan Bapak Kapolri agar Korps Brimob bisa merespons dan mengantisipasi potensi ancaman khususnya dalm penanganan amunisi, ranjau dan bahan peledak," kata Anang.

Mantan Kapolda Kalimantan Tengah ini berharap 14 personel yang dikirim ke Turki dan Irlandia Utara bisa mewakili seluruh jajaran Korps Brimob Polri.

Selaku Komandan Korps Brimob Polri dengan anggota 44.800 orang, Anang sangat berharap dengan 14 orang yang dikirim ke Turki dan Irlandia Utara.

Dia juga meminta sekembalinya 14 personel dari Turki dan Irlandia Utara bisa membagikan ilmu dan pengalamannya ke seluruh jajaran Korps Brimob. Dengan demikian kemampuan dan kapasitas personel Korps Brimob semakin baik dan profesional.

"Jadi, ada penambahan kemampuan penanganan amunisi, ranjau, dan bahan peledak. Semakin profesional sesuai dengan harapan Bapak Kapolri," terang Dankor Brimob.

Dalam kesempatan yang sama Anang secara simbolis menyerahkan senjata organik bagi enam Batalyon Respon Cepat Korps Brimob Power on Hands Kapolri. Batalyon ini dikukuhkan pembentukannya oleh Kapolri pada Februari 2022.

Senjata modern tersebut ditujukan meningkatkan kemampuan Korps Brimob untuk menghadapi kelompok yang mencoba mengganggu keutuhan bangsa Indonesia. 

"Anda semua adalah Bhayangkari terdepan manakala ada gangguan ancaman yang menganggu NKRI. Kita negara yang luas dan solid. Jangan coba-coba menganggu NKRI," tegas Dankor Brimob.

Ipda Kresna Adji Prasetyo, salah seorang perwira yang dikirim ke Irlandia Utara, Inggris Raya menyatakan akan menyerap ilmu tentang penanganan bom seperti ditugaskan pimpinan.

"Saya akan berusaha menggali ilmu sejauh mungkin," kata Ipda Kresna. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lihat, Gelora Semangat Irjen Iqbal Kukuhkan Tunggul Batalion C Brimob Bhara Daksa Narasinga


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler