Irjen Iqbal Bangun sebelum Subuh, Bergegas ke Masjid di Luar Kota demi Keluhan Warga

Jumat, 05 Januari 2024 – 20:50 WIB
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal (duduk memegang mikrofon) saat menghadiri 'Jumat Curhat' untuk berdialog dengan masyarakat di Kabupaten Pelalawan, Jumat (5/1/2024). Foto: dokumntasi Polres Pelalawan

jpnn.com, PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal bangun lebih awal pada Jumat (5/1/2024) dini hari.

Saat hari masih gelap, abiturien Akpol 1991 itu sudah mengawali aktivitasnya dengan beranjak dari rumah dinasnya di Pekanbaru untuk segera menuju daerah lain.

BACA JUGA: Pantau Pengamanan Nataru, Irjen M Iqbal Bawa Bingkisan untuk Petugas di Lapangan

Irjen Iqbal bangun pada pukul 03.00 WIB. Syahdan, mantan kepala Divisi Humas Polri berbenah dan menyiapkan diri, lalu menuju Masjid Al Azhim di Jalan Batu Ampar, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.??

Masjid tersebut berjarak sekitar satu jam dari rumah dinas Kapolda Riau. Sesampainya di Masjid Al Azhim, Irjen Iqbal melaksanakan salat Subuh berjemaah dengan warga.

BACA JUGA: AKBP Dody Telusuri Hutan Rimba Riau, Bawa Kabar Gembira untuk Anak-Anak Suku Pedalaman

Selanjutnya, pati Polri kelahiran 4 Juli 1970 itu menghadiri progam 'Jumat Curhat' untuk berdialog dengan masyarakat Pelalawan.?

Pada kesempatan itu, Irjen Iqbal didampingi para pejabat utama (PJU) Polda Riau dan Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto.??

BACA JUGA: Lantik 300 Bintara, Irjen Iqbal: Jangan Permalukan Polri, Orang Tua, dan Diri Sendiri

Sejumlah warga menyampaikan beragam keluhan dan aspirasi tentang situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah mereka.??

Salah satu warga dari Kecamatan Langgam di Kabupaten Pelalawan, Alim Toha, mengeluhkan soal kesulitan beraktivitas yang disebabkan tingginya debit air akibat banjir.

??Alim pun memohon bantuan kemanusiaan dan transportasi untuk penyeberangan.??

Warga lainnya, Zulkilfi, mengeluhkan soal kemacetan lalu lintas di Pangkalan Kerinci. Dia meminta penjelasan terkait jam kerja anggota Polri.

Menanggapi berbagai keluhan dan aspirasi itu, Irjen Iqbal menanggapinya dengan penuh senyum. Dia mengaku akan memerintahkan kapolres setempat untuk menindaklanjuti keluhan warga.

??"Jadi, hari ini program Jumat Curhat saya laksanakan di Pelalawan. Terkait keluhan warga, saya perintahkan seluruh kapolres untuk memberikan bantuan kemanusiaan apabila terjadi bencana di daerahnya," kata Irjen Iqbal.?

Selain itu, Irjen Iqbal juga memerintahkan jajarannya di Direktorat Samapta, Dansat Brimob, dan Dir Pol Airud untuk memantau debit air di Kecamatan Langgam.

?"Apabila debit air meningkat, segera turunkan personel di lokasi tersebut," kata Irjen Iqbal.

Adapun soal jam kerja anggota Polri, Irjen Iqbal menjelaskan pola tugas personel kepolisian yang responsif terhadap situasi. Namun, apabila situasi tidak normal, aparat kepolsian bisa turun kapan saja, bahkan tidak pulang sekalipun.?

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) itu juga mengingatkan jajarannya di tingkat polres untuk meningkatkan pelaksanaan tugas. 

??"Terutama kepada Kapolres agar lebih fokus dalam pelayanan masyarakat," jelasnya.?

Lebih lanjut Irjen Iqbal menuturkan masyarakat memiliki ruang untuk mengadukan polisi yang tidak becus bekerja ke Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Riau. Menurut dia, keluhan ke propam itu bisa menyangkut disiplin dan kewenangan anggota Polri.

Pertemuan Jumat Curhat itu pun menghasilkan beberapa kesepakatan konkret, antara lain, bantuan kemanusiaan untuk wilayah terdampak banjir, peningkatan patroli di wilayah rawan kemacetan, dan tindakan tegas terhadap pelaku gangguan kamtibmas.??

“Sinergi antara masyarakat dan kepolisian diharapkan akan makin kuat, menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Pelalawan," harap ketua Alumni Akpol 1991 itu.

??Adapun Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Irjen Iqbal dan PJU Polda Riau yang telah berkunjung di Masjid Al-Azhiim di Pangkalan Kerinci dan berdialog dengan masyarakat setempat.

“Saya berharap permasalahan yang sedang terjadi di Kota Pangkalan Kerinci dapat kami tampung guna mencari solusinya," ujar Suwinto.(mcr36/jpnn.com)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Warga Rohul Kebanjiran, AKBP Budi Datang Bawa Bantuan dan Berpesan Jaga Kerukunan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler