AKBP Dody Telusuri Hutan Rimba Riau, Bawa Kabar Gembira untuk Anak-Anak Suku Pedalaman

Rabu, 27 Desember 2023 – 10:35 WIB
Kedatangan AKBP Dody Wirawijaya dan petinggi Polres Inhu disambut tarian silat khas Suku Talang Mamak, sebagai tanda penghormatan. Foto:Polres Inhu.

jpnn.com, RIAU - Kapolres Indragiri Hulu (Inhu), AKBP Dody Wirawijaya menyambangi masyarakat suku Talang Mamak, penjaga sisa hutan di Riau.

Dia mengajak pejabat-pejabat tinggi di Polres Inhu menyambangi masyarakat suku Talang Mamak, yang mendiami sisa hutan di sekitar Taman Nasional Bukit Tigapuluh pada Selasa 26 Desember 2023.

BACA JUGA: Lintas Riau-Sumbar Putus Karena Longsor dan Banjir, Ini Jalan Alternatifnya

Suku Talang Mamak sejak dulu memiliki adat yang tak memperbolehkan pembukaan hutan yang masih bertutupan baik.

Mereka yakini hutan rimba tempat para bunian, makhluk halus tinggal, dan para satwa terancam punah. Saat ini suku Talang Mamak disebut sebagai penjaga sisa hutan di Riau.

BACA JUGA: Demi Pemilu Damai, Anak Buah AKBP Dody Wirawijaya Tempuh Jalan Berlumpur Hingga Banjir

Saat ini hutan sekeliling Talang Mamak makin menyusut dengan kehadiran beberapa perusahaan hutan tanaman industri dan sawit. Hal itu berdampak pada kelangsungan hidup warga suku tersebut.

Oleh karena itu, AKBP Dody memilih dan mendatangi Desa Talang Gedabu, Kecamatan Rakit Kulim, sebagai tempat kegiatan cooling system pemilu 2024.

BACA JUGA: Pelaku Karhutla di Inhu Ditangkap, AKBP Dody: Perorangan, Korporasi, Kami Tindak Tegas

Menurutnya, kehadiran suku Talang Mamak, sangat penting, dan perlu mendapat penyuluhan soal Pemilu 2024.

Di sana, AKBP Dody berbincang dengan para tokoh suku Talang Mamak, hingga Kades Talang Durian Cacar, Kades Talang Sungai Parit, Kasi Trantib Rakit Kulim.

Satu per satu masyarakat bertanya hingga berdiskusi dengan AKBP Dody, bagaimana agar menciptakan Pemilu yang damai dan aman.

AKBP Dody menyampaikan pada masyarakat suku Talang Mamak yang sudah memiliki hak pilih untuk datang ke TPS di wilayah masing-masing.

“Suara yang diberikan masyarakat Talang Mamak, akan menentukan nasib bangsa ke depannya,” ungkap Dody.

Dody meminta masyarakat, meskipun beda pilihan tetap menjaga silaturahmi dan hubungan baik antar sesama haris tetap dijaga.

“Sama-sama kita pahami dan sepakati, yang aling penting, situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif tetap dipertahankan,” lanjutnya.

Tidak hanya soal Pemilu, AKBP Dody juga menyampaikan kepada pemuda-pemuda Talang Mamak bahwa Polri memiliki program yang bernama Rekrutmen Proaktif (Repro), untuk anak-anak yang berprestasi dan anak suku pedalaman.

Saat itu juga, Kapolres mengintruksikan seluruh Bhabinkamtibmas, mendata anak-anak suku Talang Mamak yang berkeinginan menjadi anggota Polri di wilayah tugas masing-masing.

“Jadi, bagi pemuda atau anak-anak yang ingin menjadi anggota Polri, silahkan memanfaatkan program Repro,” bebernya.

Setelah berdiskusi dan berbincang dengan masyarakat, AKBP Dody dan rombongan memberikan sembako yang sudah disiapkan kepada masyarakat suku Talang Mamak.

Seusai pertemuan itu, seluruh masyarakat adat suku Talang Mamak, Kecamatan Rakit Kulim, Batin Congok, menyatakan siap mendukung dan berpartisipasi dalam mewujudkan Pemilu serentak 2024 yang damai dan sejuk. (mcr36/jpnn)


Redaktur : Natalia
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler