Irjen Iqbal Kumpulkan 43 Paslon Kepala Daerah di Riau Ikuti Deklarasi Pilkada Damai

Selasa, 24 September 2024 – 18:55 WIB
Deklarasi Pilkada Damai yang diprakarsasi Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal di gedung Co Ex SKA Mall Pekanbaru. Foto: Tim Multimedia Kapolda Riau.

jpnn.com - PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal memprakarsai Deklarasi Pilkada Damai yang diikuti 34 pasangan calon kepala daerah pada Pilkada Serentak 2024 di Riau.

Deklarasi Pilkada Damai ini digelar di Aula Co Ex SKA Mall Pekanbaru, Riau, Selasa (24/9). 

BACA JUGA: Irjen Iqbal: Polantas Harus Jadi Wajah Polri yang Presisi dan Humanis

Sebanyak 43 paslon itu terdiri dari tiga calon gubernur-calon wakil gubernur Riau, 32 calon bupati-calon wakil bupati, delapan calon wali kota-calon wali kota.

Semua calon kepala daerah diminta membubuhkan tanda tangan di papan yang telah disediakan sebagai bukti mendukung program pilkada damai.

BACA JUGA: Irjen Suharyono Imbau Masyarakat Laporkan Oknum Polisi tidak Netral Selama Pilkada

Menurut Irjen Iqbal, deklarasi ini diselenggarakan untuk menjamin komitmen seluruh calon kepala daerah dalam rangka menyukseskan Pilkada Serentak 2024 yang damai dan kondusif.

"Saya mohon deklarasi ini bukan hanya lips service semata, tetapi pernyataan. Tolong, pernyataan ini dipegang teguh. Kami akan mengawal terus pilkada ini hingga usai," ungkap jenderal bintang dua itu.

BACA JUGA: AKBP Boby Edukasi Bahaya Narkoba kepada Pemilih Pemula dan Sosialisasi Pilkada Damai

Irjen Iqbal menekankan bahwa untuk mengamankan Pilkada Serentak 2024 ini, Polda Riau telah menyiagakan total 6.756 personel gabungan. 

"Ini perlu saya tekankan strategi kepolisian mengedepankan proaktif dan melakukan preemptive strike atau serangan pencegahan agar pilkada berjalan damai dan kondusif," ungkap Irjen Iqbal. 

Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan menambahkan pada 25 September hingga 23 November mendatang, seluruh pasangan calon kepala daerah akan menjalani tahapan kampanye.

Pada masa itu, para kontestan cagub-cawabub Riau akan berebut suara dari total daftar pemilih tetap 4.827.022 jiwa yang terdiri dari 2.445.001 pemilih laki-laki dan 2.382.021 perempuan.

"Pemilih ini tersebar di 11.489 TPS," katanya.

Dia menambahkan bahwa KPU Riau juga akan merekrut 80.360 anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

KPU Riau, lanjut dia, juga sudah mengagendakan dua kali debat cagub-cawagub.

"Rencananya diselenggarakan pada 27 Oktober dan 17 November mendatang," kata Rusidi Rusdan.

Diketahui, ada tiga pasangan cagub-cawagub Riau, yakni nomor urut 1 Abdul Wahid-SF Hariyanto, nomor urut 2 M Nasir-HM Wardan dan nomor urut 3 Syamsuar-Mawardi.

Sementara untuk Kota Pekanbaru, pasangan Muflihun - Ade Hartati mendapat nomor urut 1, Intsiawati Ayus - Taufik Arrakhman nomor urut 2, Ida Yulita Susanti - Kharisman Risanda nomor urut 3, Edy Natar - Dastrayani Bibra nomor urut 4 dan Agung Nugroho - Markarius Anwar nomor urut 5. (mcr36/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler