Irjen Iqbal Mengecek Langsung Kesiapan Pasukan Pengamanan Pemilu 2024, Lihat

Selasa, 28 November 2023 – 21:12 WIB
Tampak Irjen Mohammad Iqbal tengah mengecek personel pengamanan Pemilu 2024 di halaman Mapolda Riau. Foto:Bidhumas Polda Riau.

jpnn.com, PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengecek langsung kesiapan masing-masing satuan dan personel pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Selasa (28/11).

Hal itu dilakukan Irjen Iqbal saat Apel Siaga Tahap II Operasi Mantap Brata (OMB) pengamanan Pemilu 2024, di halaman Mapolda Riau.

BACA JUGA: Gelar Apel Pengamanan Kampanye, Irjen Iqbal Minta Anggota Jaga Integritas

Pantauan JPNN.com, pasukan dari seluruh satuan kerja di Polda Riau, seperti Brimob, Intelkam, Reskrim, Binmas, Samapta, Lalu Lintas, Pamobvit, Polair, Tahti, hingga Propam, dibariskan dengan rapi.

Mereka juga membawa seluruh peralatan yang akan digunakan untuk pengamanan Pemilu 2024.

BACA JUGA: Anak Gajah Sumatra di Riau Ini Ditemukan Mati Setelah Terjerat Tali

Irjen Iqbal lantas mendekati pasukan dan berbincang dengan para personel terkait kesiapan pengamanan pesta demokrasi mendatang.

Personel yang dicek juga terlihat sigap dan siap menjawab setiap pertanyaan Irjen Iqbal, serta dengan lancar menjelaskan terkait peralatan yang digunakan saat pengamanan Pemilu 2024.

BACA JUGA: Lemkapi Minta Polri Usut e-Book Hoaks tentang Dinasti Politik Jokowi

Tidak hanya personel, Irjen Iqbal juga mengecek kesiapan pejabat operasi, kasatgas dan wakasatgas, dan seluruh jajaran lainnya.

Irjen Iqbal mengatakan operasi tahap II dalam rangka prngamanan tahapan kampanye ini akan dilaksanakan selama 34 hari dari tanggal 28 November hingga 31 Desember 2023.

Adapun jumlah personel yang disiagakan oleh Polda Riau dan jajaran, yakni 977 orang untuk pengamanan tahapan kampanye Pemilu 2024.

“Tadi saya cek jumlahnya, langsung saya cek by name by address, apa tugasnya, semua. Apa yang boleh dan tidak boleh (dilakukan). Alat-alat pengamanan kepolisian juga saya cek," ujar Iqbal.

Mantan Kadiv Humas Polri itu menyebut dari hasil pengecekan, dia menilai semua jajaran baik dan tangkas. Hanya beberapa yang masih ada kesalahan sehingga langsung dikoreksi.

“Tahun politik ini, mari kita jaga dan jamin keamanan dan kenyamanan masyarakat. Insyaallah penuh integritas dan marwah dijaga secara detail," lanjut Irjen Iqbal.

Irjen Iqbal juga menanyakan langsung soal dukungan anggaran bagi personel yang bertugas di lapangan.

"Hal ini menunjukkan bahwa Kepolisian Daerah Riau sudah siap menjamin keamanan, situasi kondusif, guna mewujudkan Pemilu yang aman, damai, beritegritas, bermarwah. Insyaallah penuh berkah," ucap jebolan Akpol 1991 itu.

Kapolda Riau mengatakan setiap hari seluruh personel juga dilatih untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam bertugas.

"977 personel hari ini siap siaga melaksanakan pengamanan pelaksanaan tahap kedua Operasi Mantap Brata, yakni kampanye. Ini akan diantisipasi. Potensi kerawanan mungkin akan lebih tinggi sedikit, meningkat," tutur mantan kapolda NTB itu.

Dia juga mengingatkan jajaran untuk tidak mencederai nama baik institusi Polri saat bertugas di lapangan.

"Jaga sikap, jaga ucapan, jangan arogansi, jadilah pelindung, dan pengayom masyarakat. Jangan sakiti hati masyarakat," kata Iqbal. (mcr36/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sahroni Yakin Polri Siap Maladeni Perlawanan Firli Bahuri


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler